KPU Mulai Teliti Dokumen Parpol

0
496
SOSIALISASI: KPU Tanjungpinang menggelar sosialisasi dengan parpol di CK Hotel Tanjungpinang, belum lama ini. F-dok/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang mulai melakukan penelitian administrasi faktual terhadap 19 parpol yang telah mendaftar di KPU Tanjungpinang. Pemeriksaan pendaftaran dan penyerahan syarat kelengkapan oleh partai politik untuk Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019. ”Penelitian administrasinya selama 30 hari,” kata Robby Patria, ketua KPU Kota Tanjungpinang, kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (26/10).

Menurutnya, penelitian administrasi dimulai dari tanggal 17 Oktober sampai 15 November 2017 mendatang. Kata Robby, sesuai arahan dari KPU RI, penelitian administrasi terhadap berkas keanggotaan parpol berupa salinan kartu tanda anggota (KTA).

Kemudian pemeriksaan terhadap KTP elektronik atau surat keterangan dari Disdukcapil setempat berfokus pada jumlah minimal berkas yang diisyaratkan. Selain data by name by adress keanggotaan harus sama, penelitian juga untuk memastikan keabsahan lainnya misalnya tidak ada data ganda, baik data ganda di internal partai maupun dengan partai politik lain atau satu nama menjadi anggota lebih dari satu partai.

KPU juga akan mengecek dalam berkas keanggotaan itu adalah kalau ada anggota parpol yang menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan TNI/Polri, kemudian yang di bawah umur ada atau tidak, akan cek di sana. ”Semua berkas yang masuk kami periksa satu persatu. Makanya kemarin kami minta untuk berkasnya rapikan,” bebernya.

Setelah selesai di periksa, KPU Tanjungpinang akan menyerahkan berkas parpol tersebut ke KPU Provinsi Kepri. ”Yang menentukan siapa saja parpol yang lolos peserta pemilu 2019, bukan KPU daerah tapi KPU RI,” bebernya.

Setelah selesai verfikasi berkas partai nanti, nanti KPU Tanjungpinang turun ke lapangan mendatangi kantor parpol masing-masing. ”Kita cek kantor parpol nanti, apakah milik permanen parpol, atau masih sewa atau kantornya di rumah atau di ruko, kita cek nanti. Kita juga laksanakan tahapan pilkada 2018,” bebernya.(ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here