KPU Sasar Pemilih 17 Tahun

0
321
Ketua KPU Tanjungpinang Robby Patria bersalaman pelajar SMAN 2 Tanjungpinang usai menjadi pembina upacara. F-martunas/tanjungpinang pos

Untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula yang berumur 17 tahun, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang, Robby Patria pada Senin (2/4) menjadi pembina upacara di SMAN 2 Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG – Sebelumnya, KPU juga sudah mengsosialisasikan pilkada Tanjungpinang di kalangan mahasiswa melalui program KPU masuk kampus. Saat memberikan amanat, Robby menekankan pentingnya pemilih pemula menggunakan hak suara dengan cerdas. Karena suara mereka sangat menentukan keterpilihan pemimpin Tanjungpinang lima tahun ke depan.

”Pemilih pemula mereka yang sama sekali belum pernah menggunakan hak pilih. Khusus Kelas 11 atau kelas 2 SMA maupun Kelas 12 atau kelas 3 akan menjadi pemilih pemula di Pilkada Tanjungpinang 27 Juni nanti. Harus menggunakan hak pilih dengan cerdas,” kata Robby saat menjadi pembina upacara.

Disebutkannya, pemilih cerdas akan meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia. Oleh karena itu siswa siswa yang akan menjadi pemilih pemula harus aktif menyampaikan pesan pesan kebaikan di dunia maya.

Karena anak anak muda sangat familiar dengan gadget sehingga dengan menggunakan gawai itu dapat membantu KPU mensosialisasikan Pilkada Tanjungpinang. ”Jangan gunakan internet untuk menyebarkan hoaks maupun ujaran kebencian. Karena berisiko mencelakakan diri sendiri dan orang lain,” ujarnya.

Ditambahkannya, Indonesia sebagai negara demokrasi terbesar ketiga atau keempat di dunia sangat membutuhkan pemilih pemilih cerdas yang belum terkontaminasi money politic, isu SARA, fitnah maupun cara cara lain yang tidak sesuai dengan kebudayaan Melayu.

”Satu suara Anda sangat berarti untuk Tanjungpinang dan Indonesia pada umumnya. Oleh karena itu upayakan maksimal dapat memberikan hak suara. Jika belum terdaftar sebagai pemilih, lapor kepada PPS di kelurahan,” paparnya.

Bahkan tahun 2019, lanjutnya, Indonesia akan memasuki babak baru dalam demokrasi karena untuk pertama kalinya pemilu legislatif dan presiden dilakukan serentak di hari yang sama.

”Dan itu belum pernah dilakukan di Indonesia. Mudah mudahan pemilu nanti sukses dengan keterlibatan semua kalangan. Terutama partisipasi pemilih melenial,” ujarnya.

Selesai menjadi pembina upacara, Robby diminta oleh Kepala Sekolah SMAN2 Tanjungpinang Encik Abdul Hajar untuk menyerahkan piala atas keberhasilan siswa SMAN2 menjuarai pelbagai turnamen dan kejuaraan ilmu pengetahuan tingkat Provinsi Kepri.(MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here