KPU Sediakan Kotak Saran dan Kritik Masyarakat

0
804
Staf KPU Kota Tanjungpinang sedang memperhatikan kotak bersampul coklat, yang akan menampung surat masukan serta tanggapan dari masyarakat.f-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang telah menyediakan satu kotak saran di Kantor KPU berada di Jalan Handjoyo Putro, Km 8 Tanjungpinang.

Kotak suara yang dibungkus dengan sampul coklat, akan menampung surat tanggapan dari masyarakat terkait pengumuman Daftar Calon Sementara (DCS) anggota Dewan Perwakilan rakyat Daerah (DPRD) Kota Tanjungpinang. Warga bisa menyampaikan kritikan maupun saran ke dalam kotak tersebut.

”Belum ada surat tanggapan dari masyarakat, seperti kritikan maupun saran masuk di dalam kotak tersebut,” kata Divisi Teknis dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Tanjungpinang, Susanty kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (14/8).

Baca Juga :  Ditemukan 54 Pemilih Ganda

Tahapan masukan serta tanggapan dari masyarakat akan berlangsung selam 10 hari, mulai dari diumumkan DCS anggota DPRD Kota Tanjungpinang di surat kabar harian Tanjungpinang Pos terbit pada 12 Agustus 2018 sampai berakhir 21 Agustus 2018 nanti.

Susanty berpesan, kalau masyarakat ingin memberikan masukan serta tanggapan terhadap para bakal calon anggota legislatif (bacaleg) yang bakal berlaga di pemilihan legislatif (pileg) tahun 2019 nanti, harus mencantumkan identitas diri yang lengkap. Mulai dari nama lengkap, jenis kelamin sampai dengan alamat masyarakat tersebut.

Baca Juga :  Rabu, KPU Kota Mulai Lipat Surat Suara

Selain itu, jangan lupa melampirkan bukti-bukti terkait bacaleg yang dilaporkan oleh masyarakat tersebut. Misalnya, bacaleg tersebut pernah memiliki kasus korupsi, kejahatan seksual dan narkoba.

”Bukti surat keputusan terkait kasus tersebut, yang harus dilampirkan oleh masyarakat,” terang dia.

Apabila tidak lengkap laporan tersebut, katanya, jangan salahkan KPU Kota Tanjungpinang tidak melayani surat masukan maupuan tanggapan yang disampaikan masyarakat melalui kotak tersebut. ”Kita akan merahasiakan nama masyarakat yang sudah melapor ke KPU,” sebut dia. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here