KPU Sosialisasi Lewat Seni Budaya

0
67
KOMISI Pemilihan Umum (KPU) menggelar kegiatan sosialisasi pemilih melalui kegiatan seni budaya. F-ISTIMEWA

ANAMBAS – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) melaksanakan pagelaran seni dan pawai Nusantara, Sabtu (21/4). Menariknya, pagelaran tersebut diselenggarakan sejalan dengan pagelaran seni bulanan yang dilaksanakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KKA.

M Sani sebagai Komisioner Bidang Hukum KPUD KKA mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya sosialisasi KPUD kepada masyarakat untuk menyukseskan Pemilu Legislatif yang di sejalankan dengan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada 17 April 2019 mendatang. ”Ini merupakan program KPU pusat satu tahun menjelang Pemilu serentak 2019 mendatang,” ungkap Sani, Jumat (20/4).

Menurut Sani, kegiatan ini bentuk upaya untuk membangkitkan dan mengembangkan serta melestarikan kegiatan seni budaya. Pada Pemilu serentak 2019 ini, pemilih mencoblos lima pilihan yakni DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD RI, serta Presiden dan Wakil Presiden. ”Tentunya dengan banyak pilihan ini, sosialisasi mesti gencar dilaksanakan agar partisipasi pemilih tetap tinggi,” jelasnya.

Pada Pemilu tahun 2014 silam, lanjut Sani, partisipasi pemilih cukup besar mencapai 82 persen dari total sekitar 26 ribu Daftar Pemilih Tetap (DPT). Namun, untuk Pilkada Bupati dan Wakil Bupati 2015 partisipasi pemilih turun dan hanya mencapai 76 persen. ”Ini yang mesti diperbaiki, agar pada Pemilu mendatang partisipasi dapat meningkat,” ungkapnya.

Sani juga memastikan, akan terjadi peningkatan DPT pada Pemilu yang akan datang karena akan ada penambahan pemilih-pemilih pemula yang usianya 17 tahun atau sudah menikah. ”Akan terjadi penambahan Pemilih mengingat pada Pemilu 2014 usianya belum masuk namun pada Pemilu 2019 usianya telah mencukupi,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Sani mengimbau kepada masyarakat agar mendaftar ke PPS atau petugas Pantarli agar dapat dicatat hingga mendapatkan hak pilihnya tahun 2019 mendatang. ”Saya mengimbau kepada masyarakat yang belum memiliki hak pilih agar mengurus dari tingkat RW sampai dengan Dinas Kependudukan supaya bisa memilih nanti,” pungkasnya. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here