KPU Sosialisasi Pilwako ke Sekolah

0
740
SOSISALISASI: Ketua KPU Tanjunginang Robby Patria menjadi Irup di MAN Tanjungpinang, Senin (11/9). F-istimewa

Sasaran Utama 2.734 Pemilih Pemula

TANJUNGPINANG – Untuk menciptakan pemilihan secara langsung yang demokratis dan berkualitas, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang melakukan sosialisasi ke pemilih pemula. Sasaran utamanya adalah siswa SMA sedejarat.

Senin (11/9) kemarin, Ketua KPU Tanjungpinang Robby Patria diundang menjadi inspektur upacara (Irup) di Sekolah MAN Tanjungpinang. Pada kesempatan itu, Robby mengajak siswa yang sudah berusia 17 tahun ke atas untuk menggunakan hak pilihnya di Pilwako Tanjungpinang 2018 nanti.

Robby mengatakan, pemilih pemula umumnya masih idealis. Sehingga, perlu disampaikan sistem demokrasi yang baik. Pemilih pemula juga harus terus menjaga Indonesia sebagai negara demokrasi keempat terbesar di dunia setelah India, Brazil dan Amerika Serikat.

Baca Juga :  Nurdin Minta Pengurus Partai NasDem Harus Kompak

Negara dengan demokrasi yang kuat akan maju dengan cepat. Untuk melanjutkan estafet pembangunan itu dan agar berjalan bagus, maka para pemilih pemula jangan sampai terkontaminasi.

Karena itu disampaikan juga, ke depan siswa harus mengetahui visi misi calon kepala daerah yang maju di Pilwako Tanjungpinang 2018. Dengan demikian, pemilih pemula bisa menentukan pilihannya sesuai harapannya.

Pihak sekolah pun sangat berterimakasih atas kehadiran Robby Patria di sekolah itu dan memberikan pendidikan demokrasi yang baik baik siswanya. Pada kesempatan itu juga, pihak sekolah meminta agar KPU mendampingi panitia pemilihan ketua OSIS MAN di sekolah itu. Robby mengatakan, pihaknya akan mendampingi panitia saat pemilihan Ketua OSIS MAN yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

Baca Juga :  581 Bacaleg Terancam Dicoret

”Kita akan siapkan bilik suara dan kotak suara. Sehingga, siswa akan merasakan pemilihan yang sangat demokratis. Ini pembelajaran bagi mereka sebelum memilih di Pilwako nanti,” jelasnya.

KPU juga akan menyurati semua SMA sederajat di Tanjungpinang akan diberi kesempatan menjadi Irup dan guru undangan khusus mata pelajaran PPN. ”Kita akan mengajar minimal satu jam tentang demokrasi,” bebernya lagi. KPU akan menyasar semua tempat yang turut ambil andil nanti di Pilwako seperti sosialisasi di kampus-kampus, di masyarakat dan lainnya.

Baca Juga :  APK KPU Sia-sia

Salah satu kriteria pemilu yang sukses dan berkualitas adalah tingginya angka pemilih. Ini tugas semua pihak termasuk kampus, sekolah, partai politik, kandidat tokoh-tokoh agama dan masyarakat. “Kita yakin, dengan kebersamaan, pemilu Tanjungpinang akan semakin berkualitas,” harapnya. (mas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here