KPU Tanjungpinang Mulai Cek Dukungan DPD

0
219
PetugAS melakukan verifikasi faktual dukungan bakal calon DPD RI. F-istimewa

TANJUNGPINANG – Komisi Pemilihan Umum Kota Tanjungpinang mulai melakukan verifikasi faktual dukungan calon perseorangan atau Dewan Perwakilan Daerah (DPD) wilayah provinsi Kepri khususnya dukungan dari Tanjungpinang. Verifikasi faktual mulai digelar Minggu (3/6).

Dan, proses verifikasi tersebut dijadwalkan selama 10, hari dengan mencari 500 lebih sampel yang berasal dari 15 calon DPD yang sudah mendaftar di KPU Provinsi Kepri belum lama ini.

Bakal calon anggota DPD RI daerah pemilihan Kepri yang telah mendaftar di KPU Kepri, yakni H. Alias Wello, Alfin, H. Dharma Setiawan, H Surya Makmur Nasution, Mohammad Nabil, H. Hardi Selamat Hood, M. Syahrial, Ria Saptarika, Richard H. Pasaribu, Moch Nasrudin, H. Sukhri Farial, Riki Syolihin, Haripinto Tanuwidjaja, Mustafa Wijaya dan Sabar Hasibuan.

Ketua KPU Tanjungpinang Robby Patria yang turun langsung melakukan verifikasi bersama dengan seluruh komisioner Tanjungpinang mengatakan, paling KPU Tanjungpinang hanya mencocokkan apakah benar warga memberikan dukungan kepada calon DPD tersebut.

Jika tidak benar memberikan dukungan, maka warga hanya membuat surat pernyataan bahwa tidak memberikan dukungan kepada calon. Dengan demikian, jumlah dukungan calon DPD jadi berkurang.

”Tapi kalau warga memang mendukung, mereka hanya membubuhkan tandatangan di atas form yang sudah disiapkan oleh KPU,” kata Robby, kemarin.

Dari data yang diperoleh KPU Tanjungpinang, Syahrial dan Darma termasuk yang paling banyak di Tanjungpinang yang harus diverifikasi faktual dukungannya dari calon lainnya. Ada juga calon DPD yang hanya mendapat sampling 3 dukungan di Tanjungpinang.

KPU Tanjungpinang membagi lima tim dalam melakukan verifikasi faktual.Dijadwalkan sampai tanggal 10, Juni, KPU selesai melakukan verifikasi. (bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here