KPU Terlambat Ajukan Anggaran Pilkada

0
91
Ing Iskandarsyah

TANJUNGPINANG – Enam kabupaten dan kota di Kepri akan bersiap siap melaksanakan pemilhan kepada daerah tahun 2020. Hal itu juga bersamaan dengan Pilkada Gubernur di Kepri.

KPU Kepri mengusulkan anggaran Rp80 miliar lebih untuk persiapan dana pemilihan kepala daerah tersebut.

Anggota DPRD Provinsi Kepri Rudy Chua mengatakan, dana tersebut baru diajukan ke Pemerintah Provinsi Kepri belum sampai ke DPRD untuk dibahas di DPRD. Karena harusnya anggaran tersebut jika tahapan pilkada dimulai September 2019, sudah diajukan 2019.

”Artinya jika sudah diajukan KPU, maka pembahasan paling cepat dibahas di APBD Perubahan atau APBD murini 2020,” ujar Rudy kemarin.

Anggota DPRD Kepri lainnya Iskandarsyah menilai KPU harusnya mengajukan anggaran pilkada 2020 di tahun 2018 sehingga disahkan di APBD 2019. Kalau sekarang baru mengajukan, di APBD murni tidak ada anggaran pilkada.

”Tetapi bisa dibahas kembali di APBD Perubahan secepatnya karena ini murni untuk kepentingan daerah,” kata Iskandarsyah.

Dikatakan, KPU sebagai pihak penyelanggara harusnya jauh jauh hari melaporkan dan mengabarkan kepada Pemprov soal waktu pilkada.

”Karena dana yang disiapkan juga tidak sedikit. Dan yang disiapkan bukan hanya KPU, tetapi juga Bawaslu dan Polda. Jadi ini persoalan serius yang harus dibahas segera dicarikan cara agar dana pilkada bisa disiapkan,” kata Iskandarsyah. (pat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here