KPU Tinjau Kantor Parpol

0
278
Robby Patria

Usai Pendaftaran

TANJUNGPINANG – Sekretariat atau kantor partai politik (parpol) yang baru akan didatangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang usai pendaftaran nanti.

Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Robby Patria mengatakan, sekretariat parpol yang akan mereka datangi nanti adalah khusus partai politik yang baru.

Terkait letak sekretariat bebas dimana saja asalkan masih di Tanjungpinang. Bisa berbentuk ruko, di rumah atau tempat lainnya. Yang penting, sekretariat tersebut benar milik parpol yang bersangkutan dan diketahui pihak kelurahan atau kecamatan setempat.

Kemudian, KPU juga akan memverifikasi data-data yang diserahkan pengurus parpol termasuk akan mengecek kebenaran anggota parpol itu sendiri.

Hanya saja, untuk pengecekan anggota parpol yang didaftarkan ke KPU akan dilakukan secara acak. ”Misalnya, anggota parpol yang didaftarkan 400 orang, kita paling cek 40 orang,” ujar Robby via ponselnya, Selasa (10/10).

Adapun pengecekan itu dilakukan gunanya untuk memastikan nama yang bersangkutan benar menjadi pengurus, bukan fiktif. ”Yang kita cek nanti, sekretariat, nama pengurus kita sesuaikan dengan KTP. Kita tanya juga apakah benar sebagai anggota atau tidak. Kalau tidak mengaku sebagai anggota, maka namanya dicoret,” bebernya.

Karena itu, ia mengimbau kepada pengurus parpol untuk mendaftarkan anggotanya lebih banyak dari syarat yang ditentukan. Apabila ada anggota yang dicoret namanya, daftar yang ada masih bisa memenuhi syarat. Terkait pengurus parpol, yang tidak boleh masuk adalah, TNI/Polri, PNS, anggota KPU, Panwaslu dan Bawaslu atau penyelenggara pemilu.

Dijelaskannya, hingga, Senin (9/10) lalu, parpol yang mendaftar ke KPU Kota sebagai peserta Pemilu baru Perindo. Selasa (10/10) kemarin, yang mendaftar adalah PSI dan Golkar. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here