KPU Verifikasi Faktual Seluruh Parpol

0
385
PETUGAS verifikator dari KPUD Karimun melaksanakan verifikasi faktual di Kantor Partai Hanura, Karimun, Selasa (30/1). F-ISTIMEWA

KARIMUN – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karimun melaksanakan verifikasi faktual terhadap seluruh Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Karimun. Tahapan verifikasi itu, sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada pertengahan Januari lalu.

”Kami melakukan verifikasi berdasarkan surat edaran (SE) dari KPU Pusat untuk melakukan verifikasi pada tingkat kepengurusan partai di kabupaten. Untuk persyaratan verifikasi yakni keberadaan kantor, kepengurusan, keanggotaan dan keterwakilan perempuan,” kata Samsir, Komisioner KPU Karimun, Selasa (30/1) di Kantor DPC Partai Hanura, Karimun.

Sedangkan untuk penentu kelulusan verifikasi faktual adalah KPU Pusat. Sedangkan, KPU di daerah hanya menjalankan tugas jika berkas persyaratan sudah dinyatakan lengkap.

”Maka partai dapat menjadi peserta pemilu, yang akan diumumkan pada Februari mendatang. Verifikasi masih berlangsung di semua Parpol,” sebut Samsir.

Ketidaklengkapan persyaratan verifikasi faktual, lanjut Samsir, dapat dilengkapi dengan masa perbaikan. Pada tahapan perbaikan, pengurus Parpol datang ke Kantor KPU Karimun pada jam kerja untuk menyerahkan kelengkapan berkas sebagai syarat verifikasi.

”Ada waktu yang dibuat untuk memperbaikinya, seperti susunan pengurus dan lainnya,” pesan Samsir.

Hadir pada verifikasi berlangsung yakni Ketua Panwaslu Karimun Tiuridah Silitonga bersama staf menyaksikan langsung proses pelaksanaan verifikasi yang dilakukan tim dari KPU. Kehadiran mereka untuk mengawasi tahapan pelaksanaan kegiatan dari awal sampai selesai.

”Sebagai Ketua Partai Hanura, kami siap diverifikasi, mulai susunan pengurus, keanggotaan, keterwakilan perempuan dan syarat lainnya. Karena partai ini sudah jadi peserta pemilu, seluruh persyaratan dapat terpenuhi. Kader Partai Hanura dan lainnya turut hadir, para verifikasi dan siap menjadi yang terbaik,” kata Ady Hermawan. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here