KPUD Umumkan Parpol Lulus Verifikasi

0
355
KPUD Anambas saat menggelar rapat pleno sekaligus mengumumkan Parpol yang telah lulus verifikasi. F-ISTIMEWA

ANAMBAS – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Anambas, Kepulauan Riau (Kepri) menenetapkan dan mengumumkan 14 Partai Politik (Parpol) yang telah lulus verifikasi faktual di Aula Rumah makan siantan Nur, Kamis (8/2).

Parpol yang lolos antara lain yakni Partai Nasdem, Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Hanura, Partai Gerindra, PDIP, PPP, PBB, PAN, PKPI, Perindo, Partai Berkarya, dan Partai Garuda.

”Dari verifikasi faktual yang dilakukan semua partai yang kita verifikasi semuanya memenuhi Syarat (MS),” kata M Sani Komisioner Bidang Hukum KPUD Anambas, pada rapat Pleno terbuka verifikasi kepengurusan partai

Selain penngurus, juga verifikasi keterwakilan perempuan, domisili kantor tetap, keanggotaan Parpol perserta Pemilu 2019 nanti.

Menurut Sani, lolosnya Parpol di tingkat Kabupaten ini belum memastikan partai akan ikut menjadi peserta Pemilu 2019. Mengingat hasil rapat pleno tersebut akan disampaikan ke KPU pusat melalui KPU provinsi.

Lebih lanjut, Sani mengungkapkan, sesuai dengan tahapan verifikasi faktual dilaksanakan dari tanggal 30 Januari sampai dengan 1 Februari 2018. ”Alhamdulillah, respon parpol sangat luar biasa dalam menyukseskan verifikasi Faktual,” ujar Sani.

Sementara itu, Rangga sebagai Komisioner Panwaslu mengatakan, dalam jadwal sesuai dengan PKPU selama 3 hari verifikasi terhadap Parpol pihaknya mendampingi KPU.

”Alhamdulillah Panwaslu dan KPU bersinergi sehingga tahapannya berjalan dengan baik dan sesuai tahapan dan mekanisme,” jelasnya.

Rangga menjabarkan, selama verifikasi tidak satupun tahapan yang terlewatkan. ”Kami sebagai pengawas pemilu Insya Allah memastikan, pelaksanaan verifikasi sesuai dengan aturan dan Undang-undang yang berlaku,” tegasnya.

Pihaknya mengapresiasi Parpol yang sigap melengkapi kekurangan yang ada, sehingga data Parpol benar-benar konkrit. Walau sudah lolos di Anambas namun keputusan tetap dari pusat,” imbuhnya.

Hadir dalam rapat pleno terbuka tersebut antara lain dari pimpinan Parpol yang ada di Anambas, TNI/Polri dan tokoh masyarakat.(end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here