Kredit Rumah Rp 75 Juta, Tunggu Instruksi BTN Pusat

0
817
RUMAH MURAH: Rumah murah yang dibangun developer di Kota Tanjungpinang. F-Andri /tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Pemerintah akan meluncurkan program kredit hunian murah bagi masyarakat dengan nilai pinjaman Rp 75 juta per unit.

Program ini melalui, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) mikro di PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) bekerjasama dengan Perum Perumnas terkait pengadaannya.

Branch Manager (BM) PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tanjungpinang, Toto Suharyanto mengatakan, terkait program ini, belum mendapat informasi dari pusat akan di jalankan di Tanjungpinang.

Kini program kredit rumah murah seharga Rp 75 juta itu, baru diperuntuhkan di daerah Semarang dan Bogor.

KPR mikro ini, lanjutnya, ditujukan untuk kepemilikan rumah baru, second, bahkan renovasi. Namun, KPR ini hanya diperuntukan bagi komunitas yang juga berlaku sebagai pinjaman.

Komunitas dimaksud seperti pedagang bakso, pedagang ikan, badrek, martabak dan sebagainya. Tanpa komunitas, tidak bisa dilayani. Melalui program ini, maksimal para komunitas itu memperoleh pinjaman Rp 75 juta.

”Untuk di Tanjungpinang sepertinya belum, program ini sesuai intruksi dari pusat,” ujar Toto Suharyanto kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (1/2) kemarin.

Terpisah, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Kepri kecuali Batam, Urip Widodo mengatakan, penyediaan rumah murah merupakan program pihak BTN.

Menurutnya, rumah murah dengan harga Rp 75 juta sudah ada pangsa pasarnya.

Jika program ini ingin dibangun pengembang daerah, mungkin bisa saja. Asalkan, tanah sudah disediakan oleh pihak bersangkutan yaitu calon pemilik rumah. Sehingga dana tersebut, cukup untuk membangun satu unit rumah.

”Bisa saja kerjasama dengan pihak asosiasi perumahan, seperti Apersi. Tapi, kita harus tahu dulu seperti apa bentuknya,” sebutnya. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here