Kroasia Bikin Sejarah, Perancis Tak Mau Kalah

0
206
KAPTEN timnas Krosia Luka Modric digendong usai memastikan diri melaju ke final Piala Dunia 2018 Rusia, Kamis dini hari. f-net

MOSCOW – Kroasia sudah membiki catatan sejarah baru di pentas sepak bola dunia. Meski berasal dari negara kecil dari peserta Piala Dunia 2018 Rusia lainnya, Vatreni ingin mengakhiri turnamen itu dengan menorehkan sejarah besar yakni trofi juara. Namun, Perancis tak mau kalah.

Kroasia berhasil melaju ke final Piala Dunia 2018 di Rusia usai mengalahkan Inggris dengan skor 2-1 di Luzhniki Stadium, Kamis (12/7) dini hari. Laga di waktu normal tuntas dengan skor 1-1 setelah gol Kieran Trippier di awal babak pertama dibalas Ivan Perisic di babak kedua.

Pada babak tambahan 2×15 menit, Kroasia memastikan diri jadi lawan Prancis di partai puncak usai Mario Mandzukic menjebol jala Jordan Pickford. Prestasi luar biasa pun kini diukir oleh Kroasia.

Negara ini cuma berpenduduk 4,1 juta jiwa dan punya luas negara sekitar 56.594 kilometer persegi. Nyaris sama dengan luas Provinsi Jawa Barat dan Banten. Tapi, Kroasia ingin menjadi juara dunia di tahun 2018 ini.

Sementara, di atas kertas, timnas Perancis diunggulkan ketimbang Kroasia di final Piala Dunia 2018. Partai puncak itu akan digelar di Stadion Luzhniki, Minggu (15/7) malam. Pertandingan ini menandai pertemuan kedua tim di ajang Piala Dunia, sejak Perancis mengalahkan Kroasia 2-1 di semifinal tahun 1998.

Kini, Perancis tak mau lagi over percaya diri, karena belajar dari kesalahan di final Euro 2016 lalu. Les Bleus mendekati pertandingan dengan bayang-bayang kegagalan di Piala Eropa lalu. Perancis dipaksa merelakan trofi juara jatuh ke tangan Portugal usai kalah 1-0 di final. Hasil yang memalukan karena turnamen digelar di kandang sendiri.

Gelandang Perancis Paul Pogba tidak memungkiri, bahwa kekalahan di final Piala Eropa 2016 itu, disebabkan karena Perancis over percaya diri (pede). ”Kami sadar dengan situasinya, kami tidak ingin membuat kesalahan yang sama. Kami ingin berhasil, membawa pulang Piala Dunia 2018 ini ke rumah,” kata Pogba. (fre/net)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here