Kru PSDKP Menangkap KIA Malaysia

0
193
Serah terima hasil tangkapan KIA dari KP Orca I ke Satker PSDKP Natuna.

Natuna – Petugas Kapal Perikanan (KP) Orca 1 menangkap Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Malaysia, Selasa (12/3) kemarin. Kapal tersebut diduga melakukan Tindak Pidana Perikanan (TPP) di wilayah ZEEI, perairan Natuna.

Kepala Satker Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Dedi Setiadi menuturkan KIA KM SF1-66 itu ditangkap di koordinat 03°09.630″ LU – 110°09.822″ BT perairan Natuna pada pukul 10:13 WIB.

Kapal tersebut dinakhodai Andi Cahyadi dengan dua orang Anak Buah Kapal (ABK). Serta tanpa dilengkapi dengan dokumen perizinan yang sah dari Pemerintah RI.

Dituturkannya, terhadap mereka kini dilakukan pemeriksaan awal oleh petugas dari KP Orca 1 di lokasi penangkapan. Setelah itu digiring ke Pangkalan Satker PSDK di Kecamatan Pulau Tiga.

“Kami telah menangkap satu unit KIA berbendera Malaysia. Kini, Kapal beserta nakhoda dan ABK telah diserahterimakan dari KP Orca 1 ke Satker PSDKP tanggal 14 Maret kemarin,” kata Dedi Setiadi kepada sejumlah media melalui rilis persnya.

Dedi menuturkan, dari hasil pemeriksaan, kapal itu tidak memiliki dokumen Surat Izin Usaha Penangkapan (SIUP) dan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI).

Saat ini, Kapal tersebut beserta nakhoda, ABK dan barang bukti lainnya telah diamankan di Pangkalan PSDKP Pulau Tiga.

“Selanjutnya terhadap mereka akan dilaksanakan proses hukum sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia,” ujar Dedi.

Adapun barang bukti yang berhasil disita petugas berupa satu unit kapal, sejumlah ikan hasil tangkapan, sejumlah alat tangkap bubu dan lain sebagainya. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here