KSN Serukan Jaga Empat Pilar Indonesia

0
430

BATAM – Kirab Satu Negeri (KSN) yang dimotori Gerakan Pemuda Ansor, saat ini berada di Batam. Selanjutnya, mereka akan ke Bintan, dilanjutkan ke Ibukota Provinsi Kepri, Tanjungpinanginang.

Dijadwalkan, mereka akan ke Gedung Gonggong, ziarah di makam Raja Haji Ali sebelum menuju Karimun. Perjalanan mereka akan berakhir, 30 September 2018, sebelum melanjutkan ke Jambi.

‎Wasekjen DPP GP Ansor Pusat, ‎Timbul Pasaribu, Rabu (26/9) saat diterima Ketua DPRD Batam, Nuryanto mengatakan, KSN dicanangkan GP Ansor diseluruh Indonesia. Khusus Kepri, digelar 26 sampai 30 September 2018.‎ Ia menuturkan, gerakan itu bertujuan untuk mendorong komitmen bersama dalam menjaga empat pilar Indonesia.

“Bahwa kita Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, satu negeri NKRI dan UUD 1945. Gerakan ini untuk itu agar tetap kokoh dalam pengikat kehidupan berbangsa kita,” tegas Timbul.

Kegiatan ini mengingatkan kembali ke masyarakat, bahwa agama menjadi rahmat dan kasih sayang. Mereka membuat gerakan agar masyarakat tidak diam dan menyuarakan persatuan.

“Tujuan kirab, bahwa kita negara yang majemuk tapi rukun, menjadi inspirasi negara lain di dunia. Agar Indonesia menjadi sumber perdamaian dunia,” tegasnya.‎

Ia menuturkan, meski berbeda, tapi masyarakat tetap satu, Indonesia. Rombongan ini juga bergerak untuk mengingatkan, Sumpah Pemuda 28 Oktober.

Momen mengingatkan kembali, bahwa pemuda memiliki peranan dalam kehidupan berbangsa. “Ini pesan yang kita sampaikan kepada masyarakat Indonesia di Kepri. Kegiatan ini tidak ada kaitan dengan politik praktis,” sambungnya.

Pernyataan senada disampaikan Ketua DPW GP Ansor Kepri, Nurharyanto. Diakui, mereka menjalankan Konbes GP Ansor tahun 2017 untuk mempererat tali persaudaraan. Kedatangan rombongan kirab di Kepri, dilakukan dengan serah terima bendera Indonesia kepada Pemuda Kepri.

“Agenda di Kepri banyak. Tadi sudah serah terima bendera Indonesia. Nanti malam kita ada doa bersama,” ucap Nurhayanto.

Selanjutnya, besok, Kamis (26/9) bendera di bawa kirab ke Bintan. Malamnya akan dibawa ke Tanjungpinang dan dialog di pondok pesantre disana. “Dari Tanjungpinang, bendera dikirab ke gedung Gonggong. Ini untuk mengingatkan kita satu,” bebernya.

Selanjutnya, rombongan akan ziarah ke makam Raja Ali Haji, sebelum ke Karimun. Kemudian, 29 September kita akan di Batam, sowan dengan kiyai-kiyai di Batam. Kemudian di depan WTP (welcome to Batam), 800 pemuda akan membawa bendera bersama.Kemudian diserahkan bendera ke Jambi. Jadi dalam kegiatan, tidak ada yang membawa politik.

Terkait kegiatan itu, Ketua DPRD Batam, Nuryanto menyampaikan apresiasi atas komitmen bersama pemuda yang bergabung dalam GP Ansor.

“Kami mengucapkan selamat datang dan memberikan apresiasi kepada GP Ansor, yang melakukan kirab satu negeri. Ini mengingatkan nilai-nilai perjuangan pemuda dulu,” kata Nuryanto.

Demikian dengan pesan yang disampaikan KSN, agar semua masyarakat, mencintai NKRI dengan menjaga persatuan. “Empat pilar sudah konsesus bangsa. Sudah menjadi pilihan. Harus dijaga dan diamalkan. Kami menyambut baik dan memberikan apresiasi, kirab ini,” imbuhnya.(mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here