KSOP Cek Berkala Kapal Penumpang

0
914
KAPAL: Penumpang kapal saat mengantre masuk ke kapal Superjet 15 di Pelabuhan Jagoh. f-TENGKU IRWANSYAH/tanjungpinang pos

LINGGA – Hingga hari ke 14 puasa Ramadan, pihak Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) telah memulai pemeriksaan berkala terhadap kapal-kapal penumpang untuk mudik lebaran. Petugas KSOP Dabo Singkep Emran mengatakan, pihaknya telah melakukan pengecekan berkala terhadap kelaikan armada trasportasi laut untuk persiapan transportasi jelang lebaran tahun ini.

Emran menyarankan, kepada seluruh nakhoda kapal agar peduli terhadap kondisi cuaca setidaknya melek terhadap arahan BMKG. ”Setelah melakukan pengecekan kondisi armada transportasi laut, yang ada saat ini masih dalam kondisi baik,” ujar Emran, kemarin.

Baca Juga :  Jalan Raya Memprihatinkan, Warga Terisolir

Emran menjelaskan, seluruh armada kapal yang melayani penumpang Kabupaten Lingga adalah berasal dari daerah. Sehingga, pengecekan kondisi kapal lebih utama dilakukan tempat asal kapal berada. Dengan kondisi cuaca yang tidak menentu, diminta seluruh nakhoda kapal untuk tidak memaksakan perjalanan dan sebisanya mencari perlindungan jika terjadi perubahan cuaca.

”Kita hanya ingin segala sesuatunya lancar dan tanpa hambatan, tetapi alam juga tidak bisa ditebak. Untuk itu, diharapkan nakhoda dapat mengambil keputusan tepat jika ada perubahan cuaca,” terangnya. Untuk diketahui, Menteri Perhubungan RI yakni Budi karya Sumadi telah mengeluarkan instruksi dengan nomor 10 tahun 2017. Instruksi tersebut berisikan agar seluruh operator melakukan pemeriksaan secara menyeluruh tentang kelaikan sarana transportasi baik darat, laut dan udara. Hal ini, demi keselamatan penumpang. (tir)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here