KSOP Cek Kelayakan Kapal

0
24
Beberapa kapal berlabuh di Tanjungpinang. f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Tak lama lagi akan terjadi lonjatan penumpang sambung Natal, Tahun Baru. Bersamaan juga dengan libur sekolah. Diperkirakan juga tak lama lagi memasuki musin utara.

Biasanya, saat musim utara angin dan gelombang tinggi, terutama di perairan Kepri termasuk di perairan Tanjungpinang. Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang segera melakukan pengecekan kelayakan kapal-kapal yang melayani antar pulau.

Kepala Seksi (Kasi) Keselamatan dan pelayaran KSOP Tanjungpinang, Alimin Moko Dompet mengatakan, pengecekan kapal-kapal yang bersandar di Tanjungpinang akan di lakukan pada 18 Desember mendatang. Hal itu dilakukan untuk mengetahui apakah kapal-kapal yang berlayar melalui pelabuhan Sri Bintan Pura layak berlayar atau tidak.

”Nanti kita lakukan pengecekan dan pemeriksaan apakah kapal-kapal sudah layak berlayar,” katanya Kamis (6/12). Alimin menyebutkan, nantinya di Pelabuhan juga akan dibangun pos pengamanan, pengecekan dilakukan seperti kelayakan kapal, alat-alat keselamatan, sturuktur dan keadaan mesin nantinya akan dilakukan pengecekan.

”Jika semua itu memenuhi maka kapal sudah bisa dikatakan layak untuk berlayar,” sebutnya.

Menurutnya, kita juga sering melakukan penyampain kepada para nakhoda dan mualim kapal diberikan pengarahan agar tidak memaksaakan diri apabila cuaca tidak memungkinkan diharapkan untuk menunda keberangkatan. ”Kalau cuaca tidak baik maka kita dari kantor langsung melarang pihak kapal untuk tidak berlayar,” jelasnya.

Lajutnya, dengan pengecekan ini pihaknya bisa melihat dan berdiskusi langsung dengan nahkoda kapal. Serta menanyakan langsung kepada mereka. Sampai saat ini seluruh kapal yang ada di pelabuhan ini siap untuk berlayar.

”Dalam berlayar harus memperhatikan perkembangan cuaca setiap saat karena memang perkembangan cuaca selalu berbeda-beda. Itu yang harus diperhatikan pada saat berlayar,” ujarnya. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here