KSOP Sebut Pelabuhan Domestik Karimun Paling Sibuk

0
660

KARIMUN – Pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun menjadi pelabuhan tersibuk kedua se-Indonesia saat arus mudik dan arus balik lebaran. Hal ini disampaikan, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Tanjungbalai Karimun Letkol (Mar) Eko Priyo, kemarin.

Hal itu terungkap, pada rapat evaluasi angkutan mudik dan balik lebaran pada Kamis (13/7) lalu. Rapat itu juga dihadiri pihak terkait lainnya yakni Polisi, SAR, PT Pelindo, Agen Pelayaran dan BUP dari Pemerintah Kabupaten Karimun.

”Hasilnya diketahui, tidak ada kejadian menonjol. Semua penumpang dapat naik dan turun di Karimun,” ujar Eko Priyo. Ia menjelaskan, jika dibandingkan dengan tahun lalu jumlah penumpang yang turun di pelabuhan International maupun domestik Tanjungbalai Karimun menurun sebesar 0,01 persen. Sedangkan tahun 2016 tercatat 149.798 penumpang dan tahun 2017 hanya 148.780 penumpang.

Baca Juga :  Alat Kesehatan Kosong, Warga Batal Berobat

”Jumlah penumpang naik pada tahun 2017 ini dan terjadi kenaikan sebesar 8,9 persen dengan jumlah 146.329 penumpang tujuan Selatpanjang, Dumai dan Pekanbaru,” jelasnya. Selain itu, tahun lalu tercatat 134.365 penumpang. Sebelumnya, pihak KSOP) juga mencatat sebanyak 2.451 pendatang baru telah tiba di Karimun.

Pendatang baru, didominasi berasal dari Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Tahun lalu, tercatat sebanyak 148.798 orang sedangkan penumpang yang naik atau meninggalkan Karimun sebanyak 134.365 orang. Untuk tahun ini, jumlah penumpang yang naik dari Karimun sebanyak 146.329 orang, turun sebanyak 148.780 orang.

Baca Juga :  Dishub Karimun Mulai Cek Kir Angkutan Kota

”Jumlah penumpang tersebut sudah termasuk yang naik dan turun dari Pelabuhan Domestik dan Pelabuhan Internasional,” ungkapnya. Ia menyebutkan, ada penambahan penumpang sebanyak 2.451 orang yang turun. Penambahan penumpang yang turun umumnya dibawa keluarga yang mudik dengan harapan dapat mencari pekerjaan baru.(ALRION) 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here