KTP-el Kok Tak Siap-siap!

0
850
Ruang Pelayanan: Warga saat mengurus administrasi kependudukan di Kantor Disdukcapil Kota Tanjungpinang beberapa waktu lalu.f-andri/tanjungpinang pos

MBS Bapak Wali Kota yang terhormat. Adik saya mengurus KTP El di kecamatan Bukit bestari dan perekamannya disana sudah lima bulan dan tidak selesai juga, Apakah ini namanya proses kerja yang lancar. Terima kasih.
081378398990

Tiga Kali Perekaman
MBS Pak saya mau tanya,kenapa E KTP anak saya belum siap juga dari 9 sept 2016, padahal sudah 3 kali perekaman, bulan september, desember 2016, dan september 2017, alasan data tidak ada, gimana tu pak
081277358975

TANGGAPAN:
Warga yang sduah berusia 17 tahun wajib memiliki KTP. Untuk mendapatkan KTP sat ini berupa KTP Elektronik, warga mesti datang ke kantor kecamatan setempat atau ke Kantor Disdukcapil Kota Tanjungpinang berada di Jalan Kijang Lama, Km 7 Tanjungpinang.

Baca Juga :  Beladang Sawah Itu Luar Biasa

Di Tanjungpinang sudah 130 ribu warga yang mengantongi KTP-el. Hanya saja, kini muncul permasalahan KTP-El, karena perangkatnya rusak dan pasokan blanko yang terbatas. Ini dialami seluruh daerah di Indonesia. Saat ini, Disdukcapil Kota hanya memiliki blanko KTP-el sebanyak 7.000 blanko KTP-el sementara. Artinya ada sekitar 50 ribu warga yang KTP-nya belum dicetak dan masuk daftar antre. Selain itu dalam sehari KTP-el hanya bisa dicetak 50 blanko sesuai kemampuan mesin.

Untuk menggantikan KTP yang belum da Pemko menerbitkan Surat Keterangan yang menyatakan KTP masih dalam kepengurusan. Per bulannya (24 hari kerja) yang dicetak bisa mencetak 4.800 Suket.

Baca Juga :  Jangan Tutup Drainase

Sampai saat ini Disdukcapil kota telah mengeluarkan 16 ribu Suket. Surat keterangan merupakan pengganti sementara Kartu Tanpa Penduduk (KTP-el) yang belum tercetak. Suket tersebut bisa digunakan untuk mengurus berbagai kepentingan administrasi untuk masyarakat.

Sejumlah urusan yang bisa menggunakan suket adalah urusan Pemilu, Perbankan, Imigrasi, Kepolisian, Asuransi, BPJS, Pernikahan dan kebutuhan Administrasi Kependudukan lainnya.

Ini kita lakukan karena kita masih kekurangan blanko KTP-el jika harus mengakomodir seluruhnya. Untuk mengambilnya tidak mudah, pegawai harus berangkat tidak bisa meminta dikirimkan.

Untuk mengangkut 2.000 blanko KTP-el dari pemerintah pusat butuh waktu serta perjuangan dari ASN di lingkungannya. Pegawai berangkat, ketemu dengan bagian blanko KTP-el di Mendagri baru bisa bawa ke daerah.

Baca Juga :  Jembatan Dompak Tempat Nongkrong

Meskipun demikian, saya minta warga Tanjungpinang untuk tetap melakukan rekam KTP-el, bagi yang belum. Kalau ingin merekam KTP-el, langsung datang ke Kantor Disdukcapil Kota Tanjungpinang. Supaya data cepat terkirim, dan masyarakat bisa cepat memiliki KTP-el. Bagi yang sudah melakukan perekaman KTP-el, akan mengeluarkan surat keterangan alias suket. (dri)

Irianto
Kadisdukcapil Kota Tanjungpinang

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here