KTP-el Wajib Bawa saat Mencoblos

0
108

TANJUNGPINANG – Beruntung bagi masyarakat yang sudah mengantongi hingga memiliki KTP-el pada 2019 ini. Karena pemilihan umum (Pemilu) serentak 2019 ini, yang terdiri dari Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) menggunakan kartu identitas tersebut.

Dengan menunjukkan kartu identitas penduduk tersebut, masyarakat diperbolehkan untuk menyalurkan hak pilihnya di bilik suara yang disediakan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing pada 17 April 2019.

Hal ini disampaikan Arison, Divisi Teknis Penyelenggara KPU Provinsi Kepri kepada Tanjungpinang Pos di sela selesai acara sosalisasi pemungutan dan perhitungan rekapitulasi suara Pemilu tahun 2019 di Nite & Day Laguna Hotel berada di Jalan Bintan Tanjungpinang, Rabu (27/3).

Memang, kata Arison, masyarakat yang memiliki hak pilih pasti dapat Fom C6 dari KPPS. Kertas undangan tersebut, wajib dibawa masyarakat pada saat ingin ke TPS.

Nanti, masyarakat menunjukkan hingga menyerahkan KTP-el beserta Fom C6 ke petugas KPPS. Agar petugas KPPS mengecek keberanan serta keabsahan yang tertulis di Fom C6 dengan KTP-el milik masyarakat.

”Kalau tidak bawa KTP elektronik, bisa saja orang itu mengaku nama yang tertulis di Form C6, bahwa dirinya. Padahal, bukan. Ini bisa saja terjadi,” ucap Arison.

Meskipun bawa Fom C6, kata dia, petugas KPPS akan menyarankan masyarakat pulang ke rumah terlebih dahulu untuk mengambil KTP-el yang tertinggal. Apabila tidak bisa menunjukkan KTP-el, maka petugas KPPS tidak akan memberikan kertas suara yang akan dicoblos nanti.

Jadi, yang sudah terdaftar didalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) maupun DPTb, maka masyarakat tersebut untuk menunjukkan identitas lain selain KTP-el, seperti Kartu Keluarga (KK), paspor atau Surat Izin Mengemudi (SIM) miliknya.

Kalau tidak terdaftar di DPT maupun DPTb, maka masyarakat wajib membawa KTP-el miliknya. Karena petugas KPPS butuh kartu identitas asli milik masyarakat tersebut untuk bukti. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here