KTP Siak Tak Berlaku Lagi

0
1560
KTP: Salah satu mahasiswa menunjukan KTP-elnya.f-istimewa

Ribuan Warga Masih Pegang Siak

Kartu Tanda Penduduk Sistem Administrasi Kependudukan (KTP Siak) sejak awal tahun 2016 sudah tidak berlaku lagi. Di Tanjungpinang masih ada 5.000-an warga yang memiliki KTP Siak.

TANJUNGPINANG – Padahal KPT ini tidak bisa lagi digunakan untuk urusan Pemilu, Pilkada, Perbankan, Imigrasi, Kepolisian, Asuransi, BPJS, Pernikahan dan kebutuhan Administrasi Kependudukan lainnya.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tanjungpinang telah menghentikan penerbitan KTP Siak. Warga yang masih memegang KTP Siak diimbau segera mengganti dengan KTP-elektronik.

Ini sesuai petunjuk Peraturan Presiden RI nomor 112 tahun 2013 tentang perpanjangan masa berlakunya KTP Non Elektronik yang sudah habis hingga 31 Desember 2015 lalu.

Baca Juga :  Mendaftar ke KPU, Demokrat Pakai Baju Adat

”Ada sekitar 5.000 warga yang masih mengantongi KTP Siak. Padahal, KTP Siak ini sudah tidak berlaku lagi,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tanjungpinang, Irianto kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (13/12).

Kata mantan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kota Tanjungpinang ini, warga yang masih mengantongi KTP Siak berpikir, tidak bakal langsung menerima hingga mengantongi KTP elektronik (KTP-el) tersebut. Karena pada saat itu, tidak adanya ketersediaan alias stok blanko di pemerintah. Baik itu di kantor camat maupun Disdukcapil Kota Tanjungpinang

”Alhamdulillah, kita sudah banyak stok blanko KTP-el. Dari pada tidak jadi, bagus saya tidak urus. Mungkin bisa jadi fikiran masyarakat seperti itu,” ucap dia.

Baca Juga :  BKD Pemko Ajukan 200 CPNS

Yang paling penting itu, saran dia, warga khususnya pemegang KTP Siak terlebih dahulu melakukan perekaman KTP-el di Kantor Disdukcapil Kota Tanjungpinang. Sehingga warga tersebut bisa menerima surat keterangan alias suket yang dikeluarkan oleh Disdukcapil Kota Tanjungpinang.

”Dari pada kantongi KTP Siak, tidak belaku lagi. Bagus kantongi suket yang bisa digunakan untuk mengurus dokumen lainnya,” terang dia.

Disela ini, kata dia, masyarakat sudah mulai sadar untuk melakukan perekaman KTP-el di Kantor Disdukcapil Kota Tanjungpinang. Karena sejak April hingga Desember 2017 yang sedang berlangsung, sudah sekitar 9.000 warga Kota Tanjungpinang melakukan perekaman KTP-el.

Baca Juga :  Paslon Edy Saprani-Edi Susanto Maju di Pilwako

”Per hari saja kita lakukan perekaman KTP-el sekitar 150 sampai 200 orang. Alhamdulillah, sebagian warga sudah terima KTP-el,” sebut dia.

Meskipun KTP Siak tidak berlaku untuk pilkada. Masih banyaknya warga mengantongi KTP Siak. Ini dibuktikan saat KPU Tanjungpinang melakukan verifikasi administrasi calon perseorangan atau independen di Pilkada Tanjungpinang, lalu. Ditemukan 1.748 KTP Siak yang digunakan warga untuk mendukung calon independen. Dukungan ini tidak sah karena KTP Siak tidak berlaku lagi untuk urusan pilkada sejak awal 2016.(ANDRI DS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here