KUA-PPAS 2019 Segera Dibahas Bersama DPRD

0
750
Adies Saputra, S. IP M

ANAMBAS – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) telah menyampaikan Rancangan Kebijakan Umum APBD (R-KUA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD TA 2019 ke DPRD sejak tanggal 28 Juni 2018 silam.

”Ya benar, kita sudah antarkan ke DPRD melalui surat Bupati tertanggal 28 Juni 2018. Tetapi sampai sekarang kita belum tahu kapan DPRD mengundang Pemerintah Daerah/TAPD untuk melakukan pembahasan,” demikian disampaikan Plt Kepala Balitbangpeda Adies Saputra, S.IP M.Si ketika dikonfirmasi melalui telepon genggamnya, Senin (15/7).

Menurut Adies, pihaknya dapat memahami hal itu karena saat ini DPRD juga sedang sibuk dengan agenda mereka. Misalnya, pembahasan Perda Pertanggungjawaban APBD Tahun 2017 dan juga sejumlah agenda lain yang pasti sudah dijadwalkan DPRD.

Baca Juga :  Penumpang Turun di Tengah Laut

Kendati demikian, pihaknya berharap pembahasan KUA PPAS T.A 2019 juga dapat disegerakan. Mengingat, jadwal yang ditetapkan sesuai Permendagri No.38/ 2018, paling lambat Minggu 1 Agustus 2018.

”Kalau lambat nantikan ada konsekuensinya, dan tentu kita sama-sama nggak inginkan itu. Mudah-mudahan nanti tidak perlu menunggu paripurna lagi, karena memang tidak diharuskan demikian, biar langsung dibahas, jadi paripurnanya pas penandatanganan nota kesepakatan saja. Sehingga nggak perlu ada penyesuaian jadwal lagi. Tapi itu semua tergantung DPRD,” tambahnya.

Lebih lanjut Adies menguraikan, sedangkan untuk substansi R KUA PPAS 2019 angka yang disampaikan adalah sebesar Rp662,45 miliar. Angka tersebut dengan jumlah belanja langsung sebesar Rp353,41 miliar, tetapi ini belum termasuk program/kegiatan DAK.

Baca Juga :  Desa Landak Butuh Sekdes Baru

”Untuk DAK, memang belum ada kepastiannya, tapi kami berharap paling tidak bisa mencapai Rp200 miliar, dari sekitar Rp1,5 triliun yang diajukan Pemda. Apalagi ada kebijakan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas), yang mana Anambas direncanakan menjadi salah satu lokus tahun 2018. Mudah-mudahan dengan ini Kep.Anambas lebih diperhatikan,” tuturnya.

Adies juga menambahkan, dengan anggaran segitu memang sama sekali belum bisa memenuhi espektasi kita. ”Kami hanya bisa mengalokasikan untuk kegiatan rutin OPD saja, dan sedikit sekali proyek strategis seperti lanjutan Masjid Agung, RSUD, dan Embung. Daftar Kegiatan kategori yang dipertimbangkan di Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2019 itu ada sekitar Rp800 miliar, Rp100 miliar diantaranya termasuk yang paling prioritas dan mendesak tetapi anggarannya belum ada,” tuturnya.

Baca Juga :  DPRD Inisiatif Bebaskan Anambas dari Sampah Laut

Disinggung soal pembangunan SP2 yang sudah banyak dikeluhkan warga. Adies mengungkapkan, pihaknya tetap mengharapkan bantuan dari Pemrov Kepri. ”Kami baru bisa mengalokasikan untuk jalan alternatif, yaitu Jalan Abdul Wahab Siantan/Pasir Merah, yaitu sebesar Rp7 miliar itu juga masih kurang Rp5 miliar lagi. Mudah-mudahan nanti pas pembahasan di DPRD ada perkembangan positif, barangkali ada program atau kegiatan dari Dana Aspirasi yang bersedia untuk digeser,” pungkasnya. (end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here