Kuala Sempang Lestarikan Lomba Dayung Sampan

0
726
PESERTA lomba dayung sampan saat akan melakukan perlombaan pada perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 74 di Desa Kuala Sempang, Minggu.f-jendaras/tanjungpinang pos

SERIKUALALOBAM – Memperingati HUT Kemerdekaan ke-74 RI, Desa Kuala Sempang, Kecamatan Seri Kuala Lobam menggelar lomba dayung sampan dan sampan layar, Minggu (18/8) kemarin. Lomba ini untuk melestarikan budaya Melayu.

Lomba digelar di sekitar jembatan Busung Kuala Sempang, diikuti sebanyak 16 peserta dayung sampan dan juga 16 sampan layar. Mohammad Hatta, Kepala Desa Kuala Sempang mengatakan, pihaknya sengaja menggelar lomba dayung sampan dan sampan layar untuk terus melestarikan budaya masyarakat pesisir di Kuala Sempang.

”Sehari-hari memang sudah berkurang nelayan yang mendayung sampan ke laut. Semua sudah banyak menggunakan perahu mesin. Namun untuk beberapa di sungai memang masih banyak yang menggunakan sampan dayung,” katanya.

Baca Juga :  Apri-Dalmasri Minta OPD Introspeksi Kinerja

Ia mengharapkan, dengan adanya lomba dayung sampan dan sampan layar ini, akan semakin melestarikan kebiasaan masyarakat nelayan sejak dahulu kala ini.

”Di perayaan HUT Kemerdekaan ini sengaja kami laksanakan lomba ini, agar tetap lestari. Selain itu juga ada permainan rakyat lainnnya, seperti lomba gasing, balap karung dan lainnya,” tambahnya. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here