Kue Bilis Mak Tam Sampai Ke Bali

0
998
BIKIN KUE: Ibu-ibu rumah tangga yang sedang membantu membuat kue bilis Mak Tam di Desa Sungai Pinangf-TENGKU IRWANSYAH/tanjungpinang pos

LINGGA – Saat merayakan hari kemenangan sudah menjadi tradisi dengan saling bersilaturahmi dengan keluarga dan umat Islam. Namun selain itu, makanan pada suasana lebaran juga menjadi pemikat serta menjadikan lebaran Idul Fitri terasa meriah.Seperti kue bilis tradisional, yang merupakan khas Kabupaten Lingga bikinan warga yakni Mak Tam.

Dinamakan Kue Bilis, karena bahan dasar makanan ini memang terbuat dari ikan bilis atau ikan teri.Sutan H Sulaiman dan Nur Hasanah adalah pasangan suami istri yang telah melakoni pembuatan kua bilis sejak tahun 2006 silam. Kue Bilis Mak Tam, begitu nama kue bilis buatan Nur Hasanah yang lebih dikenal dengan sebutan Mak Tam.

Baca Juga :  Semua Aduan Warga Wajib Diterima

”Kalau orang di Sungai Pinang tidak ada yang kenal Nur Hasanah, tapi kalau Mak Tam pembuat kue bilis semua orang mengetahuinya,” kata Nur Hasanah, kemarin. Dengan kue bilis buatanya, setidaknya Nur Hasanah dapat menambah pengahasilan suaminya untuk memenuhi kebutuhan keluarga saat lebaran.

”Kue bilis yang saya buat, khusus dijual untuk merayakan Idul Fitri. Selain itu, kami hanya membuat kalau ada yang pesan,” ucapnya. Karena telah terkenal dengan sebutan kue bilis Mak Tan, pemesan tidak hanya dari kawasan Lingga namun dari Batam, Tanjungpinang, Jambi bahkan Bali juga memesannnya. (tir)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here