Kuliner Malam Tumbuhkan UMK

0
527

Akademisi Dukung Ide Pemko Hidupkan Kota Lama

Tanjungpinang – Pemerhati ekonomi Tanjungpinang, Rafki Rasyid SE MM mendukung program Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang yang merencanakan Jalan Merdeka sampai Jalan Teuku Umar, disulap jadi kawasan bisnis baru di malam hari.

Hal ini diungkapkan Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah, yang ingin membuat kawasan itu menjadi pusat kuliner dan bazar. Rencananya, akan diberlakukan awal April ini.

Rafki menuturkan, jika ini direalisasikan maka akan menggeliatkan perekonomian masyartakat. Bahkan akan memicu tumbuhnya para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Dengan demikian, akan membantu perputaran uang di tengah masyarakat. Apalagi di tengah kondisi ekonomi yang lesu, maka yang memiliki peran menghidupkan perekonomian para pedagang kecil.

Saat ditanya terkait usaha apa yang tepat dilaksanakan di kawasan tersebut, Rafki yang merupakan Dosen Ekonomi UMRAH tersebut menuturkan jajanan kuliner.

”Masyarakat yang ingin menghabiskan waktu luang di malam hari bisa berwisata kuliner di kawasan tersebut,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, belum lama ini.

Begitu juga dengan Wisatawan Mancanegara (Wisman) ke Tanjungpinang bisa menikmati berbagai kuliner tersedia. Ini bisa menjadi daya tarik tersendiri nantinya.

Terpenting, makanan harus beragam, unik dan rasanya enak. Jangan sampai menu kuliner yang di jual rasanya tidak enak, dan tempatnya juga semrawut.

Ia meminta Pemko menata arus lalu lintas di kawasan tersebut. Apakan pengendara roda dua atau empat nantinya bisa lalu lalang, saat jajanan kuliner tersebut dilaksanakan.

Bila ia, maka perlu penataan, sehingga tidak menyulitkan karena terjadi kemacetan dan lainnya. Jika tidak, maka haus disediakan tempat parkir yang aman.

Selain itu, untuk pelaku UMKM yang baru, Pemko bisa memberikan bantuan modal usaha. Ini juga dalam upaya pemerintah membantu menggeliatkan perkonomian apakah dalam bentuk modal atau fasilitas.

Diantaranya mempermudah syarat para PKL untuk berdagang di kawasan tersebut, serta lainnya.(ANDRI DWI S)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here