Kunci Sukses Entrepreneur di Kancah Internasional

0
453
Nathalia Harnanda

Oleh: Nathalia Harnanda
Mahasiswi STIE Pembangunan Tanjungpinang

Punya mimpi untuk membawa bisnis anda sukses go international dan menjangkau pembeli dari negara lain?

Tidak usah membayangkan biaya iklan yang mahal atau birokrasi yang rumit dulu. Anda bisa saja mewujudkan mimpi tersebut dengan menggunakan bantuan media sosial. Membuat website saja tidak cukup untuk menjangkau pasar internasional, maka Anda harus memanfaatkan sosial media agar orang yang ada di negara lain bisa menemukan bisnis online Anda dengan lebih mudah.

Pemasaran internasional melalui sosial media bisa sangat menguntungkan, bukan hanya untuk mempromosikan bisnis Anda, tapi juga mendapatkan umpan balik dari pelanggan. Masalahnya, sudah tahu strategi apa yang harus kamu jalankan di media sosial untuk membawa bisnis Anda go international?

Sebagai pengusaha, mendapatkan kepuasan dalam berbisnis bukanlah hal yang mudah. Ketika bisnis telah berhasil berkembang di Tanah Air, setiap pengusaha pasti juga berharap bisnisnya bisa go international dan dikenal di seluruh dunia.

Apakah Anda termasuk pengusaha yang ingin mengembangkan bisnis keluar negeri? Pelajari dulu cara mengembangkan bisnis lokal menjadi go international berikut ini:

1. Bangun Tim yang Anda Percaya Sebagian entrepreneur memiliki ide-ide besar dan brilian, tetapi mereka tidak terlalu mengerti bagaimana melaksanakannya di lapangan atau tidak punya banyak waktu untuk mengerjakannya sendiri.

Jika Anda adalah tipe seperti ini, maka Dyke menyarankan untuk mempekerjakan orang-orang yang Anda percaya bakat, keahlian, dan kelebihannya akan membantu Anda mewujudkan visi bisnis yang telah ditetapkan.

Kepercayaan menjadi titik tumpu dalam semua operasionalisasi tim rekrut orang terbaik lalu biarkan mereka bekerja sendiri secara maksimal entrepreneur tidak perlu memantau setiap gerak-gerik anggota timnya setiap waktu.

Jika Anda sudah yakin dan percaya terhadap mereka bahwa mereka akan melakukan yang terbaik untuk Anda, Anda tidak perlu lagi bersusah payah mengendalikan hal-hal kecil.

2. Biarkan Mereka Masuk dan Jangan Biarkan Keluar Hanya karena Keraguan Sebagai seorang entrepreneur, jangan biarkan keraguan menguasai Anda saat anggota tim memberikan berbagai macam saran atau usulan untuk memajukan perusahaan atau mengatasi sebuah masalah.

Entrepreneur adalah seorang pemimpin dengan pikiran yang stabil. Usahakan jangan membuat bingung anggota tim lainnya dengan terlalu sering membuat perubahan keputusan.

Hal seperti ini hanya akan membuat mereka bingung dan bosan. Membangun sebuah tim berkualitas memang bukan hal yang mudah, bahkan bisa membutuhkan waktu yang lama untuk bisa menemukan komposisi tim yangbenar-benar sesuai seperti yang diinginkan. Namun dengan ketelatenan dan kiat di atas, meraih keberhasilan dengan tim impian tidak mustahil.

3. Lakukan Penelitian Pasar
Pasar di Indonesia belum tentu sama dengan pasar internasional. Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk mengembangkan bisnis ke luar negeri, Anda harus mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai pasar internasional.

Dengan informasi yang lengkap, Anda akan lebih matang untuk mengembangkan bisnis ke taraf internasional. Tak hanya itu, informasi yang lengkap juga dapat membantu Anda untuk mengidentifikasi kemungkinan risiko dan membuat rencana untuk menghindari kesalahan sehingga bisnis Anda akan dianggap sebagai merek internasional dengan pemikiran yang maju, dapat dipercaya, dan juga memiliki kredibilitastinggi.

4. Manfaatkan Media Promosi
Sebagai pengusaha, pasti Anda sudah tahu seberapa kuatnya promosi mempengaruhi kesuksesan bisnis. Sebagai pengusaha yang ingin mengembangkan bisnisnya keluar negeri, Anda dapat memanfaatkan media internet, khususnya media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Dengan mempromosikan bisnis melalui internet, pasar international dapat melihat dan mengetahui keberadaan produk Anda sehingga merekapun akan lebih mengenal produk dan tertarik dengan produk yang Anda promosikan.

5. Buat Produk dengan Kualitas Tinggi Produk dengan kualitas tinggi pasti akan dicari banyak orang. Meski harganya sedikit mahal, konsumen akan rela mengeluarkan uang lebih banyak untuk produk dengan kualitas tinggi.

Untuk mengetahui apakah produk Anda telah memiliki kualitas tinggi, ada baiknya Anda membuat ulasan konsumen. Hal ini dapat membantu Anda melakukan penilaian dan evaluasi agar produk Anda dapat diterima dengan baik dipasar Internasional.

6. Mencari Relasi yang Baik
Relasi merupakan hal penting dalam dunia bisnis dan mencari relasi bukanlah hal yang mudah. Dengan adanya relasi yang baik, bisnis Anda akan berjalan dengan baik dan mendapatkan beberapa keuntungan seperti modal tambahan, media promosi dan periklanan, kerja sama penitipan barang, atau kerja sama lainnya.

Relasi yang baik akan membantu dan memudahkan Anda untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis. Oleh karena itu, sebagai pengusaha ada baiknya untuk memperluas jaringan dan mencari relasi.

7. Miliki Rencana yang Matang
Ingin melakukan ekspansi bisnis keluar negeri berarti Anda harus mengembangkan skill dan strategi dalam bisnis. Dengan adanya strategi bisnis yang matang, rekan kerja atau perusahaan luar dapat memastikan bahwa mereka sedang menjalin relasi dengan orang yang tepat. Buatlah rencana bisnis yang ambisius namun tetap kredibel dalam menilai peluang bisnis yang beragam.

Tak hanya itu, untuk mengembangkan bisnis keluar negeri Anda juga memerlukan laporan keuangan yang dapat memudahkan Anda dalam memonitor perkembangan dan posisi keuangan bisnis Anda.

Dengan adanya laporan keuangan, Anda dapat lebih fokus dalam membuat inovasi untuk mengembangkan bisnis Anda di luar maupun di dalam negeri. Jurnal, software akuntansi online yang memudahkan Anda dalam mengelola laporan keuangan secara instan dan melihatnya secara real-time.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here