Kunjungan Wisatawan Melampaui Target

0
509
WISATA GUNUNG: Panorama Gunung Daik yang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Lingga. f-istimewa

LINGGA – KUNJUNGAN wisatawan mancanegara maupun domestik ke Kabupaten Lingga mengalami peningkatan tahun ini. Peningkatan kunjungan wisatawan ke Lingga, untuk tahun ini mencapai 13 ribu.

”Tahun 2017 jumlah kunjungan wisata meningkat dari tahun lalu. Tahun 2016, jumlah kunjungan hanya 10.564 orang. Saat ini berapa realnya belum bisa diketahui, namun sudah lebih dari angka 13.000 orang yang merupakan target kami,” kata Rosanna, Kasi Promosi, Informasi dan Kerjasama Pariwisata, Kepala Disparpora.

Rosanna menjelaskan, peningkatkan kunjungan wisata ini disebabkan tiga event besar yang terselenggara cukup baik di Lingga. Event besar itu yakni seperti perhelatan Tamadun Melayu Antar Bangsa, Festival Gunung Daik serta Visit to Lingga. Ketiga event itu menjadi daya tarik dari wisatawan, itu sendiri disamping mengundang secara langsung.

”Target pemerintah daerah untuk datangkan wisatawan, tentunya dengan menggelar event tadi. Termasuk Visit to Lingga, yakni didalamnya ada event Off Road. Alhamdulillah kunjungan meningkat. Untuk rekap data ril, akan dilakukan bulan Januari 2018 nanti. Kita masih menginput. Sebab, data kunjungan masih kita rekap dari perhotelan. Tapi tahun ini meningkat,” ungkap Rosanna.

Untuk wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Lingga, lanjuut Rosanna, didominasi oleh negara-negara benua Eropa etelah disusul dari Asia serta Amerika.

Dari Eropa berasal dari Inggris, Australia, Selandia Baru, Jerman, Belanda, Prancis, Luxemburg, Irlandia Utara Swiss.

Sementara Wisatawan Asia dari Singapura, Malaysia, Thailand dan Amerika yakni dari Brazil, Amerika Serikat, Mexico.

Sementara, wisatawan domestik masih seputaran Indonesia. Peningkatan kunjungan wisatawan ini, tidak terlepas hanya dari kerja Dinas Pariwisata sendiri. Namun, juga dibantu beberapa mitra daerah yang berada diluar. Ke depan, ia berharap pariwisata dapat menjadi sektor lapangan pekerjaan dengan adanya jumlah peningkatan.

Sebab, semakin banyaknya kunjungan maka geliat ekonomi masyarakat juga akan semakin meningkat. Dengan begitu, juga untuk kontribusinya ke daerah dalam hal pendapatan pajak. (TENGKU IRWANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here