Kunjungi Kepri, Bawa Oleh-Oleh Khas Daerah

0
254
WAWAKO Magelang bersama rombongan foto bersama dengan kru Tanjungpinang Pos usai diskusi, Rabu (9/5) lalu. f-suhardi/tanjungpinang pos

Ketika Wakil Wali Kota Magelang Promosi Sektor Wisata

Untuk mempromosikan wisata Kota Magelang Jawa Tengah, Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina mengunjungi tiga daerah di Kepri pada, 6-10 Mei.

TANJUNGPINANG – SAAT itu, Windarti didampingi Sekdako Magelang Sugiharto, Asisten dan Kabag Humas Pemkot Magelang. Windarti juga membawa belasan wartawan yang biasa liputan di Pemkot setempat.

Selama lima hari di Kepri, mereka mengunjungi tiga daerah yakni Bintan, Batam dan Tanjungpinang. Mereka juga silaturahmi dengan Pemko Batam, Pemko Tanjungpinang dan Pemkab Bintan.

Tanjungpinang Pos merupakan salah satu media harian yang dikunjungi mereka di Ibu Kota Provinsi Kepri di Komplek Bintan Center Batu 9 Tanjungpinang, Rabu (9/5). Saat itu, Windarti dan rombongan diterima GM Tanjungpinang Pos Nur Hakim, Wapemred Zakmi Piliang, Redpel Martunas, Abas, sejumlah wartawan dan staf lainnya.

Pertemuan di Lantai II Kantor Tanjungpinang Pos lebih pada silaturahmi dan juga saling mengenalkan lokasi wisata daerahnya masing-masing. Mereka menilai, Kepri merupakan tempat yang tepat untuk memperkenalkan wisata Kota Magelang.

Apalagi, kunjungan mereka ini dilakukan bersamaan dengan Kunjungan Kehumasan Pemkot Magelang bersama awak media yang digelar setiap tahun dan kali ini, Kepri tujuan kunjungan mereka.

Windarti mengatakan, kehadiran mereka sekaligus untuk mempromosikan lokasi wisata di Kota Magelang. Kota dengan luas sekitar 15 Km persegi tersebut tidak memiliki Sumber Daya Alam. Sehingga, kota ini hanya menjual keindahan alam serta banyaknya makanan khas daerah yang bisa dibawa pengunjung pulang. Kemudian di Kota Magelang terus berkembang batik, syal dan lokasi wisata lainnya.

Salah satu yang paling terkenal lagi adalah, bahwa di kota itulah dididik para calon jenderal. ”Akmil (Akademi militer) ada di Kota Magelang. Ada juga gunung di kota kami yang sangat terkenal,” katanya mulai promosi.

Windarti juga menyerahkan batik serta syal kepada GM Tanjungpinang Pos M Nur Hakim sebagai cenderamata. Kemudian, ia juga menyerahkan sejumlah oleh-oleh khas Kota Magelang seperti keripik tahu, keripik terong, keripik ampas tahu dan lainnya. Semuanya makanan enak. ”Hari ini biarkan, saya jadi SPG-nya,” timpal Windarti berseloroh.

Windarti Agustina awalnya datang ke Kepri pertama kali yang dikunjungi adalah kawasan wisata Lagoi Bintan. Ia dan rombongan baru merasakan betapa luasnya laut Indonesia setelah melihat Kepri.

Mereka makin kagum ketika M Nur Hakim mengatakan, bahwa Kepri merupakan daerah maritim, daerah kepulauan dengan luas lautnya 96 persen dan hanya 4 persen darat serta memiliki 2.408 pulau. ”Daerah ini memang sedikit panas, namun lautnya sangat luas. Laut ada dimana-mana. Kalau kami kan daerah daratan, daerah pegunungan jadi sedikit dingin. Tiba di sini terasa panas. Tapi enak juga. Jadi terbiasa. Makanannya sangat khas, seafood. Ada gonggong,” ujar Windarti tertawa bersama rombongan. ”Pak sekda kami ini banyak makan seafood,” tambahnya.

Ia juga mengatakan, kehadiran mereka di Tanjungpinang Pos ingin bersilaturahmi, di samping juga ingin melihat lebih dekat seperti apa koran-koran, media-media di kota ini mengembangkan bisnisnya.

Tak hanya batik, Windarti dan para awak media yang hadir turut serta mempromosikan daerah tempat tinggal mereka. Bahwa kultur serta suasana di Magelang itu tidak sama seperti di Kepri. Kalau disana, kita setiap hari melihat gunung-gunung. Tapi kalau di Kepri, mereka justru melihat hampir sebagian besar adalah lautan. Zakmi memaparkan tentang potensi wilayah dan geografis di Kepri. Ia juga membeberkan tentang bagaimana teknik bersaing dan memajukan usaha media massa. (MARTUNAS-SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here