Kuota CPNS Formasi Guru Terbanyak

0
202
ASN lingkup Pemkab Anambas saat mengikuti apel Pagi di halaman kantor Bupati. F-DOKUMEN/TANJUNGPINANG POS

Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas Sahtiar SH MM mengatakan, penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Kepulauan Anambas formasi bidang pendidikan menjadi formasi terbanyak yang diterima pada tahun 2018 yakni sebanyak 147 orang.

ANAMBAS – Setelah itu, disusul formasi tenaga kesehatan berjumlah 119 orang dan formasi tenaga tekhnis sebanyak 30 orang.
pembukaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Kepulauan Anambas dimulai pada tanggal 19 September mendatang.
Pembukaan tersebut, serentak dilaksanakan secara Nasional di seluruh Indonesia. Sebagai Ketua panitia pelaksanaan penerimaan CPNS Anambas Sahtiar menjelaskan, saat ini portal penerimaan telah ditentukan.
Untuk tingkat Provinsi Kepulauan Riau terdapat lima titik penerimaan yakni Anambas, Natuna, UPT di Batam, Kota Batam dan Kota Tanjungpinang.
”Alhamdulillah, kita salah satu dari lima titik penerimaan CPNS tahun 2019 bersama Natuna, UPT Batam, Kota Batam dan Tanjungpinang,” ungkap Sahtiar, Rabu (12/9).
Untuk lebih detailnya, terkait rinciannya dapat dilihat langsung pada tanggal 19 September pada saat pendaftaran nanti
Pihaknya, belum bisa merubah persyaratan yang diberikan oleh Kemenpan RB dan syarat ditentukan secara nasional. Pemda Anambas hanya sebagai pelaksana kegiatan, dan tetap membuka secara online dan terbuka bagi umum.
Akan tetapi, bisa saja akan mengalami kebijakan lain namun ia tidak meyakinkan hal itu.
”Sekali lagi belum dapat saya pastikan, bisa saja tiba-tiba terjadi kebijakan yang berbeda,” terangnya.
Tes sendiri, lanjut dia, dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2018.
Namun, sebelum tes dilaksanakan terdapat tiga tahapan seleksi yang perlu dilalui yakni seleksi Administrasi, lalu seleksi Komptensi Dasar (SKD) dan terakhir Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).
”Tesnya hanya sekali saja, pada tanggal 20 Oktobet 2018,” ucap dia.
Terkait pelaksanaan ujian, tambah Sahtiar, pihaknya masih membicarakan dengan Kominfo untuk memperkuat jaringan.
Ia optimis, tes penerimaan CPNS dapat dilaksanakan di Anambas dengan memanfaatkan jaringan Palapa Ring untuk mendukung akses internet.
Sementara itu, kata Sahtiar, untuk fasilitas penunjang tes pihak Pemerintah Daerah yang akan menyiapkannya.
”Hal ini akan kita bicarakan dengan DPRD, namun apabila belum cukup maka akan meminjam komputer disekolah-sekolah yang ada. Mau tak mau pemerintah daerah harus siapkan, karena apabila tak siap makan tes akan dilaksanakan di UPT Batam,” tukasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo KKA Jefrizal mengatakan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Palapa Ring untuk meminta bantuan akses internet cepat saat pelaksanaan tes CPNS pada tanggal 20 Oktober mendatang.
”Kami akan koordinasikan dengan PRB dan BKPSDM terkait lokasi tes agar jaringan internet maksimal pada saat itu,” tutupnya. (INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here