Kuota CPNS se-Kepri 2.154 Orang

0
583
PEGAWAI Pemprov Kepri hendak masuk kerja usai apel, baru-baru ini. f-suhardi/tanjungpinang pos

Warga Kepri lulusan D3 dan sarjana yang ingin melamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) memiliki peluang besar tahun ini. Sebab, kuota CPNS Pemkab/Pemko dan Pemprov Kepri tahun ini sekitar 2.154 orang.

BATAM – Peluang paling besar adalah formasi guru, tenaga kesehatan (nakes) dan tenaga teknis. Terkait jurusan apa saja yang dibutuhkan untuk guru, saat ini masing-masing Pemkab/Pemko dan provinsi masih menyusunnya.

Demikian juga dengan tenaga kesehatan belum diketahui berapa kuota dokter umum, dokter spesialis, bidan, perawat, apoteker maupun kesehatan masyarakat.

Sedangkan tim teknis di luar guru dan tenaga medis terdiri dari berbagai jurusan. Namun, rata-rata Pemkab/Pemko dan Pemprov Kepri tidak menyediakan kuota untuk lulusan SMA sederajat.

Kuota CPNS yang disetujui KemenpanRB paling banyak untuk Pemko Batam, 363 orang. Meski demikian, jumlah itu jauh dari yang diajukan Pemko Batam sebanyak 2.148 orang.

Bidang yang disetujui itu, ada untuk bidang akutansi, hukum, arsitek, teknik, guru, medis dan lainnya. Namun kuota paling besar di bidang tenaga kesehatan dan guru.

Kuota CPNS Batam itu diungkapkan Wali Kota Batam, HM Rudi, Kamis (13/9) di Batam. ”Paling banyak untuk guru dan tenaga medis. Yang akuntansi, hukum, arsitek dan teknik sipil, masing-masing dua atau tiga orang,” beber dia.

Rudi mengaku tidak ingat secara pasti jumlah yang disediakan per bidang. Namun dijanjikan akan disampaikan secara rinci ke publik. ”Nanti ya, tak sanggup ingat semua. Kepala cuma satu,” ujar dia.

Terkait dengan test CPNS, Rudi menyampaikan jika nantinya akan ditangani Badan Kepegawaian Negara (BKN). Pemko Batam diakui tidak ikut langsung dalam proses seleksi.

”Tapi kalau nanti kami diminta bantu seperti untuk administrasi, akan kami bantu,” beber Rudi.

Sementara untuk fasilitas penunjang test CPNS di Batam dengan sistem online, saat ini komputer yang tersedia sekitar 55 unit. Dimana, komputer itu tersedia di kantor BKN Perwakilan Kepri di Gedung Bersama Pemko Batam. Komputer itu juga digunakan sebagai laboratorium Computer Assisted Test (CAT) ruang monitoring maupun ruang administrasi.

Sebelumnya, anggota DPRD Batam, Musofa meminta Wali Kota Batam segera mengumumkan kuota penerimaan CPNS. Informasi-informasi yang menyangkut khalayak ramai harus segera disampaikan dan jangan ditunda. Banyak tenaga honorer yang ingin mengikuti seleksi penerimaan tersebut agar dapat menyiapkan persyaratan yang ditentukan.

”Apakah saya memenuhi kualifikasi atau tidak dan masih sempat memperbaiki apa saja kekurangannya,” katanya.(MARTUA-SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here