Kuota Ekspor Napoleon Ditambah

0
708
PERTEMUAN: Bupati Hamid Rizal menghadiri pertemuan dengan Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (KSDA) Riau, di Hotel Alium, Batam membicarakan kuota ekspor ikan Napoleon. f-HARDIANSYAH/tanjungpinang pos

NATUNA  – BUPATI Natuna Hamid Rizal meminta agar kuota ekspor ikan napoleon per tahunnya bisa mencapai 30.000 ekor. Hal itu disampaikannya, pada acara pertemuan dengan Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (KSDA) Riau, di Hotel Alium, Batam, Jumat (2/6) lalu.

Pertemuan tersebut, yang menghadirkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna dan Pemkab Anambas dalam kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan Ikan Napoleon Hasil Ranching.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Keputusan Dirjen KSDA dan Ekosistem nomor : SK. 181/KSDAE/SET/KSA.2/4/2017 Tanggal 5 Mei 2017, tentang kuota penangkapan Jenis Ikan Napoleon (Cheilinus Undulatus) Hasil Ranching di Kabupaten Natuna dan Kabupaten Kepulauan Anambas.

”Kini, stok ikan Napoleon di Kabupaten Natuna diperkirakan sebanyak 114.455 ekor,” ujar Hamid, Senin (5/6).

Sedangkan di Kabupaten Anambas sebanyak 146.000 yang berada dalam keramba dan sudah sekian lama menunggu izin pemasaran. Terkait hal itu, Hamid mengajukan beberapa harapan diantaranya meminta agar ikan Napoleon dapat dikategorikan sebagai ikan budidaya. Pasalnya, sampai saat ini belum ada teknologi pembenihan terhadap ikan tersebut.

Selanjutnya, Hamid juga mengharapkan agar kabupaten Natuna mendapatkan kuota ekspor 30 ribu ekor per tahun, serta memperbolehkan kapal berbendera asing sebagai transportasi pengangkut Ikan dapat beroperasi untuk sementara waktu.

”Dalam pertemuan tersebut dihasilkan beberapa rumusan yang disepakati beserta rekomendasi. Diantaranya, meminta dinas terkait baik dari Pemkab Natuna maupun Pemkab Kepulauan Anambas untuk berkomitmen dalam pengawasan penyelenggaraan ekspor perikanan tersebut,” kata Budi Darma, Kabag Humas Pemkab Natuna.

Ia menambahkan, rekomendasi yang disampaikan kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) diantaranya adalah memasukkan jenis ikan Napoleon dalam kategori jenis budidaya.(HERDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here