Kurang Fasilitas, Warga Buang Sampah Sembarangan

0
822

TANJUNGPINANG – Di kawasan Pasar Kota Lama fasilitas tong sampah masih minim. Mengakibatkan kawasan kotor karena banyak pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Begitu juga dengan para pedagang. Hal serupa juga terlkihat di kawasan pelantar yang tak memiliki tong sampah disetiap lorong.

Hal ini lah membuat minimnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya, yang mengakibatkan lingkungan kotor. Padahal Pemko Tanjungpinang sudah membuat Perda terkait persampah. Yang didalamnya ada aturan bagi warga yang membuang sampah sembarangan akan diberikan sanksi.

Hanya saja terkait realisasinya sampai kini belum. Perda tersebut sudah pernah disosialisasikan kepada masyarakat. Tetapi petunjuk teknis (Juknis) yang mengatur terkait besaran denda dan lainnya melalui Perwako belum ada.

Ardian mengatakan, pemeirntah belum mampu menyediakan fasilitas tempat pembuangan sampah di kawasan pasar dan pelantar. ”Sepanjang lorong tempat berbelanja juga tidak ada. Bagaimana mau membudayakan buang sampah pada tempatnya,” paparnya.

Padahal di negara-negara maju, kawasan pasar dan pelantar bisa tetap bersih karena masyarakatnya terbiasa membuang sampah pada tempatnya. Kini di Tanjungpinang, meski kotanya kecil namun budaya itu belum bisa direalisasikan.

Bila warga dan pemerintah berkomitmen menciptakan lingkungan bersih dengan budaya buang sampah pada tempatnya, diyakini kawasan kumuh dan kota lama bisa tetap bersih. Membuat warga dan pengujung nyaman. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here