Kurang Mampu, 4 Santri Digratiskan

0
347
BUPATI Bintan H Apri Sujadi didampingi Ketua PKK Bintan Hj Deby Maryanti menandatangani prasasti peresmi Ponpes Al-Ihsan Bintan, disaksikan Zulkifli SPd selaku pembina. f-istimewa

Bupati H Apri Sujadi Meresmikan Pondok Pesantren Al-Ihsan Bintan

Bupati Bintan H Apri Sujadi didampingi Ketua PKK Bintan Hj Deby Maryanti, meresmikan Pondok Pesantren Al-Ihsan Bintan yang berada di Jalan Namling RT05/RW02, Desa Toapaya, Kecamatan Toapaya, Selasa (26/3) siang. Untuk angkatan pertama, 4 orang santri dari keluarga kurang mampu digratiskan biaya pendidikan.

BINTAN – BUPATI Bintan H Apri Sujadi usai menandatangani prasasti peresmian pondok pesantren tersebut menyampaikan, Pemkab Bintan terus berkomitmen dalam mewujudkan visi misi Kabupaten Bintan yang madani. Wujud visi misi Bintan yang madani tersebut dicapai dengan cara membangun sarana prasarana pendukung.

Mulai dari penyediaan rumah tahfiz, perbaikan sarana prasarana rumah ibadah, peningkatan sarana TPQ dan pondok pesantren, pembangunan madrasah, sampai dengan pelaksanaan program-program Islami. Seperti program Bintan berselawat dan magrib mengaji, serta program 15 menit mengaji sebelum jam belajar di sekolah.

”Saat ini, Bintan sudah memiliki 11 pondok pesantren, 14 madrasah dan 245 TPQ. Kita bersyukur dengan diresmikannya pondok pesantren Al-Ihsan Bintan ini,” kata H Apri Sujadi, didampingi Ketua PKK Bintan Hj Deby Maryanti.

Bahkan saat ini, lanjut bupati, rumah tahfiz yang telah didirikan Pemkab Bintan, sudah memiliki sekitar 200-an orang santri. Pemkab Bintan juga tetap konsen dalam memberikan insentif bagi guru ngaji, imam masjid hingga petugas fardu kifayah, agar visi misi Bintan yang madani bisa tercapai.

H Apri Sujadi sangat mengapresiasi dengan didirikannya pondok pesantren Al-Ihsan Bintan ini. Bagi Pemkab Bintan, lembaga pendidikan Islam ini sangat membantu dalam mencetak generasi Bintan yang madani.

Zulkifli SPd selaku Pembina Yayasan Al-Ihsan menerangkan, pondok pesantren Al-Ihsan Bintan dibangun di atas lahan seluas 4 hektare dengan rencana akan disediakan 11 bangunan asrama. Dari 11 asrama yang direncanakan, 5 asrama sudah selesai dibangun. 6 asrama lagi, akan selesai dalam waktu dekat.

”Tahap awal saat ini, sudah 14 orang santri yang terdaftar, dari 20 santri yang kita targetkan. Nantinya, pondok pesantren ini juga akan dilengkapi fasilitas kantin, mini market, fasilitas olahraga, selain dilengkapi fasilitas masjid dan asrama yang sudah terbangun,” jelas Zulkifli.

”Untuk siswa angkatan pertama ini, kita menggratiskan 4 orang santri yang berasal dari keluarga kurang mampu. Semoga hal ini menjadi keberkahan bagi kita semua. Pondok pesantren yang kami dirikan ini, setingkat SMP dan khusus bagi putra,” sambungnya.(YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here