Kurangi Penggunaan Medsos untuk Hal yang Tak Bermanfaat

0
236
ilustrasi

Oleh: Leny Santika
Mahasiswa Prodi Manajemen, STIE Pembangunan Tanjungpinang

Media sosial (Medsos) kini sedang marak-maraknay digunakan oleh berbagai kalangan usia. Media sosial memang merupakan media online yang memudahkan penggunanya untuk berinteraksi, berbagi, dan bersosialisasi. Saat ini sudah banyak jenis media sosial, diantaranya Instagram, YouTube, Facebook, Twitter, dan sebagainya. Dalam dunia komunikasi, media sosial bermanfaat sebagai sarana untuk membangun hubungan jarak jauh, karena media sosial memiliki jangkauan yang sangat luas. Media sosial memang memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari, tetapi jika secara belebihan menggunakan media sosial dapat memberikan dampak buruk terhadap para penggunanya. Di zaman yang serba canggih sekarang ini orang-orang tidak lepas dari yang namanya internet atau media sosial lainnya. Karena dengan adanya internet orang-orang dengan mudahnya mendapatkan informasi yang terbaru dan memberi informasi secara cepat.

Media sosial memang banyak manfaatnya, tetapi jika terlalu berlebihan dalam penggunaannya dapat berpengaruh negatif dan juga akan merusak kepribadian para penggunanya. Menggunakan media sosial secara berlebihan untuk berinteraksi di dunia maya, akan terjadi kurangnya interaksi secara langsung terhadap masyarakat sekitar.

Banyak dari pengguna media sosial yang lupa waktu, bahkan ada yang sampai kecanduan. Media sosial memang sangat menyenangkan sehingga dapat menimbulkan kecanduan bagi penggunanya. Hal tersebut dapat membuat para penggunanya sulit untuk meninggalkan media sosial dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Ada beberapa orang yang terlalu sering bermain media sosial hingga begadang sampai larut malam, hal tersebut bisa mengakibatkan gangguan pengelihatan. Ada juga beberapa orang yang sampai lupa untuk makan. Hal tersebut tidak baik karena dapat menimbulkan penyakit.

Agar terhindar dari dampak negatif penggunaan media sosial yang berlebihan, kita sebagai para pengguna media sosial harus bijak menggunakan media sosial dan harus bisa mengatur waktu kapan saja menggunakan media sosial agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Alangkah baiknya agar kita membatasi penggunaan media sosial dan lebih sering berinteraksi langsung dengan lingkungan sekitar kita. Gunakan waktu kita sebaik mungkin agar kehidupan kita lebih bermanfaat untuk diri sendiri bahkan untuk orang lain. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here