Kurir Narkoba 15 Kg Dituntut 20 Tahun Penjara

0
108
TIGA tersangka kurir narkoba saat akan mengikuti sidang di Pengadilan Negeri Tanjungpinang, Senin (8/1). f-raymon/tanjungpinang pos

Denda Rp2 Miliar

TANJUNGPINANG – Tiga kurir narkoba jenis sabu-sabu seberat 15 kilogram dan 1.005 butir pil ekstasi, masing-masing Marzuki (41), Ach Yadi alias Yoyok (29) dan Su’iri (40) dituntut 20 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Negeri Tanjungpinang, Senin (8/1).

Dalam tuntutan JPU Haryo Nugroho menyatakan, perbuatan terdakwa telah melangar pasal 114 ayat 2 Jo Pasal 132 Ayat (1) UU RI No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Agar majelis hakim Pengadilan Negeri Tanjungpinang memutuskan menyatakan ketiga terdakwa secara sah terbukti tampa hak atau melawan hukum. Menjual, membeli, menerima, menjadi perantara untuk jual beli, menukar atau menyerahkan narkotika golongan 1 beratnya melebihi 5 gram.

”Meminta kepada Majelis Hakim untuk menjatuhkan pidana selama 20 tahun penjara dipotong masa tahanan yang sudah di jalankan oleh para terdakwa,” katanya.

Selain itu, ketiga terdakwa juga di denda dua miliar rupiah apabila tidak membayar denda maka akan digantikan dengan hukuman penjara selama satu tahun.

Sebelum menuntut ketiga terdakwan, Haryo menyebutkan, hal yang memberatkan para terdakwa tidak mendukung program Pemerintah untuk memberantas peredaran narkoba di Indonesia, perbuatan terdakwa merusak generasi penerus bangsa.

”Menghambat program pemerintah dalam memberantas narkotika dan terdakwa berbelit belit dalam persidangan,” sebutnya.

Selain itu, dari barang bukti yang cukup besar para terdakwa tidak mau mengungkap jaringan peredaran narkotika yang menjerat meraka. Perbuatan terdakwa dapat merusak generasi bangsa.

”Hal yang meringankan terdakwa merupakan tulang punggung keluarga,” tuturnya.

Atas tuntutan ini terdakwa yang didampingi Penasehat Hukum, mengatakan akan mengajukan nota pembelaan atau pledoi. Selanjutnya, sidang akan digelar Rabu (10/1) mendatang dalam agenda pledoi dari terdakwa.

Sebelumnya ketiga terdakwa ini ditangkap Satres Narkoba Polres Bintan di Hotel Comfor 17 Maret 2017 mengamankan Su’iri dan Yoyok yang hendak mempersiapkan berangkat menuju pelabuhan Seri Bayintan.

Saat dilakukan penggeledahan di dalam mobil Toyota Yaris warna putih BP 1816 YT ditemukan dua buah koper warna hitam yang berisi 21 paket besar narkotika jenis sabu dan 2 paket besar narkotika jenis pil ekstasi. Mendengar bahwa kedua rekannya ditangkap, Marzuki melarikan diri. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here