Labuh Jangkar Jadi Pendapatan BUMdes

0
503
BERSANDAR: Kapal pukat saat bersandar di dermaga Desa Kuala Maras untuk mengisi perbekalan. F-INDRA GUNAWAN/tanjungpinang pos

ANAMBAS – Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) Desa Kuala Maras, Kecamatan Jemaja Timur manfaatkan pendapatan desa dari labuh jangkar kapal pukat. Kapal-kapal tersebut singgah di perairan Desa Kuala Maras untuk mengisi perbekalan sebelum bertolak kembali untuk mencari ikan di laut lepas. Selama dua bulan sekali, kapal tersebut labuh jangkar selama 5 hingga 10 menit.

Setiap kapal akan mengisi air sebagai bahan kebutuhan, ketika mencari ikan di laut perairan Anambas dan sekitarnya. ”Kapal pukat itu labuh bisa dikatakan 2 bulan sekali dan terkadang satu bulan mereka sudah sandar tergantung keadaan cuaca,” ungkap Kandi, warga Desa Kuala Maras Kecamatan Jemaja Timur, Senin (7/8).

Menurutnya, setiap kali kapal labuh mereka membelanjakan uangnya ke warung makan dan kedai-kedai kelontong milik masyarakat sekitar. Artinya, warga setempat mendapatkan dampak positifnya terhadap kedatangan para nelayan tersebut. Ketua Badan Pengawas Desa (BPD) Kuala Maras Izwar Ikrum menerangkan, adanya kapal pukat yang numpang berteduh pihaknya menawarkan berbagai kebutuhan bagi awak kapal.

Mengenai pembelian air yang dibutuhkan oleh kapal itu dikelola oleh BUMdes, dan segala hasil pendapatan tersebut akan masuk ke kas BUMdes. ”Ya para kapal itu berteduh dan mereka mengisi air bersih untuk kebutuhan selama di laut. Warga disini sangat terbantu ekonominya, dengan adanya labuh jangkat kapal pukat itu,” ujar Izwar.

Ia berharap, pemerintah dapat membuat gudang historik ikan. Menurutnya, terkadang kapal pukat mengalami kesusahan bahkan kewalahan menyimpan ikan sebelum membawa kembali ke asalnya. Jika fasilitas itu tersedia, maka desa dan daerah bisa menambah pendapatan dari sistem sewa jelang diangkut ke daerahnya. Ia membandingkan, bahwa kapal pukat dari luar daerah memiliki fasilitas yang baik ketimbang nelayan lokal yang hanya bisa mengandalkan tali pancing saat melaut. (cr29)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here