Lagi, DKPP Bintan Monitoring Penyakit Ternak dan Unggas

0
158
TIM monitoring DKPP Bintan mengambil sampel darah hewan, kemarin. f-istimewa

BINTAN – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bintan bersama Balai veteriner (BVet) Bukittinggi kembali melakukan monitoring penyakit Avian influenza (AI), atau lebih dikenal dengan penyakit flu burung di Bintan, sejak Selasa (9/4) sampai dengan Jumat (12/4) kemarin. Petugas mengambil 205 sampel.

Khairul Kepala DKPP Bintan melalui drh Iwan Berri Prima Kasi Kesehatan Hewan mengatakan, monitoring ini merupakan kegiatan rutin, untuk pengendalian dan penanggulangan penyakit hewan. Untuk penyakit AI, kasus positif pada unggas di Bintan terjadi sudah cukup lama, terakhir tahun 2009 silam.

”Oleh sebab itu, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, Kabupaten Bintan dan Provinsi Kepri secara umum bisa mencanangkan bebas flu burung,” kata Berri Prima, kemarin.

”Jumlah sampel yang diambil dalam monitoring AI ini sebanyak kurang lebih 205 sampel, dari 41 orang peternak/pedagang ayam potong di 7 kecamatan se-Bintan,” tambahnya.

Sampel ayam itu diambil dari Kecamatan Bintim, Gunung Kijang, Toapaya, Teluk Bintan, Teluk Sebong, Seri Kuala Lobam dan Bintan Utara.

”Sampai saat ini tidak ditemukan kasus klinis positif flu burung di Bintan. Namun demikian, sampel -sampel ini akan di uji dilaboratorium BVet Bukittinggi di Sumbar,” jelasnya.

Selain flu burung, penyakit lain yang juga dilakukan monitoring adalah penyakit rabies dan penyakit Hog Cholera. Pengambilan sampel penyakit rabies dilakukan pada anjing dan penyakit Hog Cholera pada babi. Jumlah sampel yang diambil untuk ternak babi sebanyak 51 ekor sampel darah, yang diambil dari 5 orang peternak di Kecamatan Teluk Sebong, Toapaya dan Bintan Timur.

”Kita berharap agar masyarakat tetap terus peduli terhadap kesehatan hewan. Jika ada informasi ayam mati mendadak, atau ada gigitan anjing atau kematian pada babi yang mendadak, segera hubungi kami,” imbaunya. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here