Lagi, KPU Temukan Bacaleg Mantan Napi

0
179
Widiyanto Agung S

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) masih menemukan nama bakal calon anggota legislatif (bacaleg) mantan narapidana (napi) kasus korupsi. KPU tak akan meloloskan mantan napi korupsi saat penetapan daftar calon tetap (DCT).

TANJUNGPINANG – ”Kita temukan satu orang bacaleg mantan napi korupsi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP),” kata anggota KPU Kepri Widiyanto Agung kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (7/8) di kantornya.

Agung mengatakan, KPU langsung ke Pengadilan Negeri Batam untuk memastikan kebenarannya. Karena bacaleg tersebut mencalonkan diri daerah pemilih (dapil) Kepri 4, yaitu Kota Batam.

Selain itu, KPU Kepri juga melakukan konfirmasi ke pengurus PPP Provinsi Kepri supaya PPP cepat klarifikasi terhadap bacaleg tersebut. ”Tidak jadi masalah nama bacaleg itu kita masukkan ke dalam daftar calon sementara (DCS). Tetapi nama bacaleg itu kita akan coret nantinya di penetapan daftar calon tetap (DCT),” ujar Agung.

Ditambahkan, bacaleg dari partai lain juga sudah ada yang mengakui bahwa yang bersangkutan mantan napi korupsi. Dan KPU masih menunggu keterangan dari Pengadilan Negeri Tanjungpinang mengenai bacaleg Partai Berkarya untuk menjelaskan kepada KPU status bacaleg yang diindikasikan mantan napi korupsi.

”Kita minta bacaleg mantan napi korupsi untuk mengakui saja,” harap dia.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here