Lagi, Tiga Pengedar Narkoba Ditangkap

0
213
Personel kepolisian mengiring tersangka pengendar sabu-sabu. f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Peredaraan narkoba di Tanjungpinang tak pernah habis. Setiap bulan bandar, pengedar dan pemakai narkoba di tangkap polisi.

Satres Narkoba Polres Tanjungpinang, kembali membekuk tiga tersangka pengedar sabu-sabu. Ia adalah berinisial MF (25), EA (42) dan DAH (38). Dari tangan para tersangka diamanakan sabu seberat 275,88 gram.

Tiga tersangka tersebut diamankan di tempat berbeda. Tersangka MF ditangkap di rumahnya di Jalan Panglima Dompak Jumat (24/8). Dari penangkapan MF, kemudian pihak kepolisian melakukan pengembangan. Hasilnya, berhasil mengamankan EA dan DAH. Ia dibekuk di Jalan RH Fisabilillah tepatnya di depan Perumahan The Green Selasa (28/8). Saat mengamankan kedua tersangka, polisi terpaksa melepaskan tembakan peringatan untuk menghentikan kendaraan yang digunakan tersangka.

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi mengatakan, kejadian berawal dari informasi masyarakat bahwa ada seorang laki-laki berciri-ciri seperti tersangka yang berinisial MF sering mengedarkan narkoba jenis sabu.

”Setelah mendapat informasi itu kemudian anggota melakukan penyelidikan dan penggeledahan di rumah tersangka,” katanya Kamis (30/8).

Kapolres menyebutkan, dari hasil penyelidikan dirumah tersangka ditemukan lima paket sabu seberat 111,11 gram. Sabu tersebut di simpang di sofa dalam rumah tersangka MF.

Selain itu, juga diamankan satu buah dompet warna hitam, satu buah timbangan digital warna silver, satu buah timbangan warna hitam merek Asoi.

Dua bundel plastik bening, satu buah gunting stainless, seperangkat alat isap sabu atau boong, satu buah mancis gas yang sudah dimodifikasi, satu unit handphone Nokia warna putih beserta kartu di dalamnya.

”Usai mengamankan tersangka MF, anggota melakukan pengembangan dan berhasil mengamankan tersangka EA dan DAH,” jelasnya lagi kepada wartawan, kemarin.

KBO Sat Narkoba Polres Tanjungpinang Ipda Haris Baltasar mengungkapkan, dari hasil pengembangan itu kami berhasil meringkus tersangka EA dan DAH pada saat melintas dengan menggunakan mobil Toyota Anvanza Veloz BP 1908 YB.

”Kita mengeluarkan tembakan peringatan ke udara dikarenakan pada saat mengamankan kedua tersangka sempat ingin kabur,” tuturnya.

Haris menyebutkan, di dalam mobil ditemukan 13 paket sabu yang dibungkus plastik bening seberat 164,77 gram. Selain itu juga diamankan barang bukti lainnya yang diamankan lainnya. Diantaranya dua buah alat isap sabu atau bong, satu buah mancis gas warna kuning yang sudah dimodifikasi, satu bundel kantong plastik, dua kantong plastik bening.

Satu kotak kaleng kecil warna hitam, satu unit timbangan digital, satu unit handphone merrk Samsung warna putih beserta kartu di dalamnya, satu unit handphone merk Nokia warna pink beserta kartu di dalamnya, satu unit Mobil Toyota Anvanza Veloz warna hitam dengan BP 1908 YB.

”Kita masih melakukan pengembangan asal barang yang didapatkan para tersangka, EA juga merupakan residivis dikasus yang sama,” tuturnya.

Menurutnya, kini para tersangka dan barang bukti diamankan di Mapolres Tanjungpinang, atas perbuatan ketiga pelaku dijerat dengan pasal Pasal 114 ayat 2 dan atau Pasal 112 ayat 2 Juncto Pasal 132 ayat 1 Undang – Undang RI Nomor 35 tahun 2009, dengan ancaman pidana pidana mati, pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here