Lahan Puskesmas Serasan Bermasalah

0
696
GEDUNG Puskesmas Serasan yang dibangun puluhan tahun lalu kini mulai dibicarakan status lahannya.f-dokumen/TANJUNGPINANG POS

Persoalan aset berupa bangunan dan lahan di Kabupaten Natuna masih jadi Pekerjaan Rumah (PR) pemerintah dan sejumlah aset milik pemerintah yang berupa fisik tidak bisa diperbaiki dan dibangun kembali karena terganjal persoalan status legalitas lahan.

NATUNA – Camat Serasan Edi Zaman Priyoto mengatakan, di wilayah kecamatannya hingga saat masih ada persoalan lahan puskesmas. Gedung layanan kesehatan yang dibangun puluhan itu kini menuai persoalan terkait status lahannya.

Pemerintah hampir tidak bisa melakukan perawatan apapun, terhadap gedung itu lantaran legalitas lahannya belum jelas. ”Salah satu persoalan kita yang ada di kecamatan adalah masalah lahan. Banyak lahan yang tidak memiliki legalitas resmi. Ada bangunan yang kemudian bermasalah karena lahannya bermasalah seperti yang terjadi di Puskemas Serasan,” kata Camat Edi.

Baca Juga :  Pemuda Bangun Pabrik Pengolahan Sampah

Menurutnya, polemik lahan tidak hanya terjadi di tataran masyarakat tapi juga antara pemerintah dan masyarakat itu sendiri. Keadaan ini dinilainya cukup berpotensi mengganggu kelancaran proses pembangunan daerah.

”Kalau lahan tempat berdirinya satu bangunan bermasalah, maka untuk melakukan tindakan lebih lanjut terhadap bangunan itu akan sulit. Gedung itu tidak akan dapat IMB maupun kegiatan perbaikan karena lahannya masih dirundung soal,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, legalitas aset kepemilikan baik milik pemerintah maupun masyarakat harus jelas agar tidak menjadi persoalan di kemudian hari. ”Hal-hal seperti ini masih ada di Natuna. Keadaan ini harus menjadi pelajaran bagi kita semua bahwa legalitas aset itu harus lengkap agar tidak mengandung masalah,” pungkasnya. (HARDIANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here