Lahan Sempit, Tetap Gali Potensi Darat

0
279
GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun berbincang dengan petani saat meninjau perkebunan palawija di sela-sela kunjungan kerjanya ke Tanjungbalai, Kabupaten Karimun pekan lalu. f-istimewa/humas pemprov kepri
Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) H Nurdin Basirun mengatakan, meski laut Kepri luas dan ikan berlimpah, namun potensi darat jangan dilupakan. Potensi darat harus tetap digali dengan maksimal demi masyarakat banyak.

KARIMUN – SALAH satu potensi darat yang harus digali tersebut adalah pertanian. Gubernur mengatakan, meski luas daratan Kepri tidak seberapa, namun kalau dikelola maksimal, hasilnya juga banyak.

Nurdin menyebutkan, para petani memiliki peran yang sangat vital dalam memastikan setiap kebutuhan pokok masyarakat dapat terus terpenuhi dan tercukupi. Untuk itu pemerintah selalu berusaha agar kesejahteraan petani dapat terus meningkat.

”Ketika kita lihat Kepri punya potensi di sektor pertanian dan para petani memiliki semangat untuk terus bekerja menghasilkan yang terbaik, tentu harus kita koordinasi apa apa saja yang dibutuhkan agar keberlangsungan pekerjaan mereka dapat berjalan dengan lancar,” ujar Nurdin saat meninjau perkebunan palawija di sela-sela kunjungan kerjanya ke Tanjungbalai, Kabupaten Karimun pekan lalu.

Menurut Nurdin, Kepri yang sebagian besar wilayahnya adalah lautan bukan menjadi penghalang untuk tetap mengeluarkan potensi di daratan. Apalagi Indonesia adalah negara tropis yang merupakan tempat sempurna bagi tumbuh kembang berbagai jenis tanaman.

”Sehingga kita bisa punya semua stok pangan di Kepri yang tidak hanya berasal dari laut tapi juga dari darat,” lanjut Nurdin.

Dalam peninjauannya tersebut, Nurdin didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ahmad Izhar untuk melihat prospek pengembangan tanaman-tanaman palawija. Nurdin juga bertemu dengan sejumlah petani untuk menanyakan apa saja keberhasilan serta tentunya kendala yang didapat selama proses bekerja.

”Kita akan inventarisir setiap kebutuhan seperti alat-alat tani dan kendala apa yang harus diselesaikan segera agar proses produksi tidak terhambat,” katanya.(MARTUNAS-SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here