Lahan Tandus Banyak Hasilnya

0
559
Anggota Lanal Dabo Singkep saat panen jagung, kemarin. f-tengku/TANJUNGPINANG POS

Lanal Dabo Panen Jagung Manis

Program menanam yang diluncurkan Pemerintah Kabupaten Lingga, tidak hanya menginspirasi masyarakat memanfaatkan lahan yang dimiliki untuk bercocok tanam.

LINGGA – Pangkalan TNI AL (Lanal) Dabo Singkep juga melakukannya dengan menanam jagung di lahan yang disebut lokasi Ketahanan Pangan seluas 1,3 hektare dengan menanam jagung sejak beberapa waktu lalu.

Kini mereka menikmatinya dengan melakukan panen secara bersama-sama, Rabu (4/4). KomandanLetkol Laut (P) Agus Yudho Kristianto M. Tr Hanla mengatakan, panen jagung telah dua kali dilakukan Lanal Dabo.

Untuk kali ini, panen jagung tersebut dilakukan secara bertahap, karena ketika penanaman dilakukan tidak bersamaan. ”Pada tahap panen kali ini mendapatkan hasil sebanyak kurang lebih 500 Kg,” kata Agus Yudho.

Dikatakannya, lahan ketahanan pangan di kompleks Mako Lanal tersebut dilakukan guna pemanfaatan lahan yang kurang produktif untuk dikelola semaksimal mungkin dan menampik pemikiran masyarakat sekitar bahwa lahan bekas bauksit tidak bisa ditanami. ”Kita buktikan dengan ada usaha pasti ada hasilnya. Tidak ada yang tidak bisa,” tegasnya.

Dituturkannya, selain jagung Lanal Dabo juga melakukan penanaman jenis tumbuhan lain, yakni, terong. Namun hasilnya tidak maksimal karena terserang hama. ”Kami juga mencoba tanaman terong kemarin namun hasilnya tidak maksimal, kemudian kita beralih lagi ke jagung,” jelasnya.

”Terongnya gagal panen, rusak semua dimakan hama sama cuaca yang tidak menentu,” katanya.(TENGKU IRWANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here