Lahir 1 Juli, Buat SIM Gratis

0
76
AKBP Ucok Lasdin Silalahi. f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Warga Kota Tanjungpinang yang lahir 1 Juli bisa mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis dari Polres Tanjungpinang. Baik itu untuk SIM A dan SIM C. Harga SIM A untuk pembuatan baru Rp120 ribu dan SIM C Rp100 ribu.

Program dari Satuan Lalu Lintas Polres Tanjungpinang ini digelar untuk memperingati HUT Bhayangkara ke-73.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi mengatakan layanan tersebut guna melayani masyarakat yang membutuhkan atau yang belum memiliki SIM.

”Layanan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,” katanya.

SIM gratis ini tidak diberikan begitu saja, mereka tetap harus mengikuti tahapan permohonan pembuatan SIM sesuai aturan yang berlaku. Seperti tes tulis dan tes praktik berkendara. SIM gratis ini bukan gratis total. Untuk (pemohon) SIM baru jika memenuhi syarat pembuatan SIM, ujian teori dan praktik murni (lulus), kita gratiskan. Masyarakat yang lahir pada 1 Juli yang akan mengajukan pembuatan SIM, harus membawa kelengkapan administratif, yakni Kartu Tanda Penduduk (KTP).

”Selain itu sehat jasmani dan rohani. Surat kesehatan juga harus disertakan,” sebutnya.

Polres Tanjungpinang berharap program layanan tersebut dapat memotivasi pengendara untuk lebih meningkatkan kesadaran tertib lalu lintas saat berkendara di jalan raya.

”Agar selalu mentaati aturan berlalu lintas, sehingga menekan angka kecelakaan,” pungkasnya. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here