LAM Lingga Minta Naikkan Anggaran Pengembangan Kebudayaan

0
93
M Ishak

LINGGA – Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Lingga meminta Pemerintah Provinsi Kepri, menaikkan porsi anggaran untuk pengembangan bidang kebudayaan pada tahun 2020. Dengan meningkatnya anggaran, diharapkan upaya pengembangan dan pelestarian kebudayaan di Kepri dapat terlaksana dengan maksimal.

”Banyak usulan yang diusulkan kabupaten/kota, dalam upaya memenuhi target rencana kerja tahun 2020. Membutuhkan anggaran untuk mempercepat terwujudnya Kepri, sebagai Bunda Tanah Melayu,,” Ketua LAM Lingga, M Ishak, kemarin.

Dikatakan, usulan agar meningkatkan anggaran bidang kebudayaan telah disampaikan LAM Lingga saat Musrenbang Kepri.

Dalam Musrenbang juga mengusulkan kegiatan event senibudaya, yang dilakukan masing masing kota/kabupaten didukung Pemprov Kepri.

”Khusus untuk Lingga APBD Kepri, juga harus menyentuh upaya upaya pelestarian situs dan cagar budaya,” ucapnya.

Untuk pelestarian kebudayaan Pemkab Lingga telah menyiapkan beberapa perencanaan, dan studi tekniis yang bekerjasama dengan BPCB Batu Sangkar.

Sebagian pekerjaan revitalisasi atau pemugaran situs, dilakukan melalui program sharing anggaran.

”Kami saja di LAM Lingga dengan anggaran dana hibah, yang tak seberapa dapat menulis buku setiap tahun. Apalagi lagi kalau dapat anggaran lebih, program pengembangan dan pelestarian kebudayaan akan dapat dilakukan dengan maksimal,” imbuhnya. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here