LAM Terbitkan Buku Panduan Tepung Tawar

0
493
PRAKTIK: Ketua LAM Lingga M Ishak saat mempraktikkan tata cara tepuk tepung tawar yang benar, kemarin. F-ISTIMEWA

LINGGA – Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupayen Lingga M Ishak menilai, pentingnya melaksanakan adat tepung tawar dengan baik dan benar. Untuk itu, dalam waktu dekat LAM Lingga akan menerbitkan buku panduan tradisi tepung tawar sesuai yang dilakukan para pendahulu

”Target kita Insya Allah tercapai di awal Oktober nanti. Buku panduan tepuk tepung tawar yang ditulis Hasbi, dan kawan-kawan sudah hampir selesai. Buku panduan itu berisi tentang tata cara, perangkat yang dipergunakan hingga pesan dan doa di dalam prosesi tepok tepung tawar,” kata Ishak, Minggu (1/10).

Tidak hanya melalui buku panduan, tetapi LAM Lingga juga akan melakukan sosialisasi tentang bagaimana tepuk tepung tawar yang benar di berbagi kesempatan.

Saat pelantikan LAM, adalah kesempatan pengurus LAM untuk mengetahui prosesi adat dan kebiasaan budaya Melayu. Untuk itu, kehadiran mereka sangat diharapkan agar menghindari ketidaktertiban dan perlakuan yang berbeda di setiap pengukuhan LAM setiap desa.

”Pengurus LAM harus tahu dan paham tentang fungsi dan tugas LAM. Pengurus LAM harus banyak memahami, berdiskusi dan bertanya. Kalau LAM tak berbuat nanti istilah “LAM” akan diplesetkan menjadi Lame-lame Akan Tenggelam. LAM antara ada dan tiada (wujuduhum ka’adamihi),” imbuh pria yang diberi gelar Datok Setia Amanah ini. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here