Lama Kunjungan Wisman 2,07 Hari

0
421
KEPALA DINAS Pariwisata Batam, Ardiwinata saat penyambutan turis perdana di Pelabuhan Internasional di Batamcenter.F-ISTIMEWA
Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Batam, Januari 2019, meningkat, menjadi sekitar 131.490 jiwa pada Januari 2019. Sementara Januari 2018 lalu, jumlah kunjungan sekitar 115.551 jiwa, sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam. Dengan lama kunjungan, rata-rata sekitar 2,07 hari.

BATAM – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Batam, Ardiwinata, Sabtu (2/3) mengungkapkan peningkatan kunjungan wisman itu, diharap dapat mendorong pemenuhan target kunjungan wisman satu tahun ini. Selain dari jumlah kunjungan wisman, peningkatan juga terjadi pada lama kunjungan.

”Lama kunjungan meningkat dibanding Desember 2018. Januari kemarin, di hotel berbintang 2,07 hari,” kata Ardi.

Walau kunjugan wisman naik, Januari 2019, namun dibanding Desember, jumlahnya di bawah. Desember tahun lalu, jumlah Wisman sekitar 233.153 jiwa.

”Kondisinya sudah bagus. Walau tiket pesawat mahal dan bagasi berbayar, namun jumlah kunjungan wisman naik,” kata Kepala BPS Kota Batam, Rahyudin.

Baca Juga :  Gerak Jalan Berhadiah Rp224 Juta

Rayuhdin sendiri optimis, target Dispar Batam terkait jumlah kunjungan Wisman, sekitar 2,4 juta, bisa tercapai. Diharapkan, kunjungan wisman dapat meningkat di bulan-bulan berikutnya. ”Kita lihat nanti. Tapi biasanya wisman itu tidak tiap bulan banyak datang. Ada waktu-waktu tertentu, tapi puncaknya Desember,” sambungnya.

Kondisi kegiatan dan masa libur di negara lain, diakui mempengaruhi jumlah kunjungan wisman ke Batam. Selain itu, juga dipengaruhi kegiatan parawisata di Batam. Termasuk kreativitas dari Dispar bersama pelaku usaha keparawisataan.

”Mereka bagaimana menggaet wisman, itu menentukan jumlah kunjungan wisman. Satu bulan tidak bisa jadi gambaran ke depan. Tiap bulan beda jumlah kunjungan,” sambungnya.

Baca Juga :  Marlin Dorong Sinergitas Program Daerah

Dari data yang dirilis, bahwa wisman yang berkunjung ke Kepulauan Riau (Kepri) selama bulan Januari 2019 tercatat sebanyak 185.377 kunjungan atau mengalami penurunan 41,97 persen. Apabila dibanding dengan kunjungan wisman selama Desember 2018 yang mencapai 319.451 kunjungan.

Lebih lanjut, ditempat yang sama, Ardiwinata mengatakan, pihaknya sedang giat-giatnya melakukan mempromosikan Batam. Mereka mempromosikan 114 kegiatan kalender untuk menarik wisman.

”Dari 114 acara yang kita siapkan di antaranya sudah kita gelar. Kita terus usahakan di tahun ini wisman betah berlama-lama di Batam,” katanya.

Ardi mengakui, jumlah kunjungan wisman, akan dipengaruhi aksesbilitas, atraksi dan amenitas. Saat ini pemerintah menyiapkan aksesbilitas dengan pembangunan infrastruktur menata Kota Batam. Sementara dari sisi amenitas, pemangku kepentingan juga sudah menyiapkan akomodasi yang nyaman di sana. Sementara atraksi, disiapkan berbagai pihak, termasuk swasta.

Baca Juga :  Aplikasi MyTelkomsel Hadirkan Versi Terbaru

”Jalan sudah bagus, harus ada taman, toilet. Lalu pihak pengembang terus berlomba-lomba membangun hotel, taman. Terus ada festival budaya, atraksi wisata yang digelar selama dua hari atau lebih,” kata Ardi.

Selain itu, pelaku usaha harus meningkatkan home stay yang ada di wilayah destinasi wisata juga perlu dilakukan. Misalnya di Nongsa, Pulau Ngenang, Belakang Padang, dan Pulau Abang.

”Kalau home stay di wilayah itu bagus, mereka bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat dan membuat mereka akan tinggal lebih dari satu atau dua hari,” katanya.(MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here