Lampion Indahkan Pasar Malam Jalan Merdeka

0
71
PENGUNJUNG Pasar Malam Imlek di Jalan Merdeka, membeli perlengkapan rumah tangga, dengan suasana indah penerangan lampion. F-raymon/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Lampion lampu hias khas tionghoa memberikan nuansa indah dari Jalan Pos, Jalan Merdeka sampai ke Jalan Gambir. Suasana indah menjelang Imlek ini, menambah ramai kunjungan masyarakat Tanjungpinang ke Pasar Malam di daerah tersebut, Kamis (8/2) malam lalu.

Pantauan di lapangan para pedagang menjajakan pernak pernik Imlek, pakaian, aksesori dan kue-mue kering untuk hidangan saat perayaan Imlek, pekan depan. Cahaya lampion yang bergantungan di atas Pasar Malam ini membuat suasa Imlek lebih terasa damai dan meriah.

Alen seorang pedagang mengatakan, Imlek tinggal beberapa hari lagi, para pembeli juga mulai ramai mendatangi stan-stan jualan. Dirinya menjual aksesori mulai dari kalung, gelang, jam tangan dan cat penghias kuku. ”Lumayan ramai, sudah mendekati Imlek berharap para pembelih lebih ramai lagi,” katanya.

Ia menyebutkan, pasar malam ini sudah diadakan setiap tahun. Hampir tiap tahun pula dirinya berjualan di Pasar Malam Imlek. Untuk harga barang dagangan juga dibilang murah. ”Pembelinya variatif, ada yang membeli satu dan ada juga yang membeli sekali banyak,” sebutnya.

Sedangkan Agus penjual pernak pernik Imlek menyebutkan, yang paling banyak dijual yakni tempelan, lampu lampion, gantungan dan angpau. Ia menyebutkan, harga tempelan tergantung dari besarannya mulai dari harga Rp 5 ribu sampai Rp 20 ribu. Selain itu juga untuk gantungan mulai dari harga Rp 20 ribu sampai Rp 50 ribu.

Sedangkan, untuk pernak-pernik lainnya, seperti lampion dijual dengan harga bervariasi, dari Rp 45 ribu untuk ukuran kecil, hingga Rp 90 ribuan yang ukuran besar. ”Angpao di tahun ini juga ada dijual dengan harga mulai dari Rp 3 ribu sampai Rp 7 ribu,” jelasnya.

Sementara itu, Ratna seorang pengunjung menuturkan, Pasar Malam Imlek ini menjadi tempat refreshing bagi warga Tanjungpinang. Di sini dijual berbagai kebutuhan terutama kebutuhan wanita. ”Harga jual di sini lumayan murah, dan produk yang dijual juga banyak pilihan,” tuturnya.

Menurutnya, Pasar Malam Imlek ini berbeda dengan pasar malam lainya, karena dihiasi lampion. Begitu juga dengan stan para penjualan, didominasi warna merah. ”Ini ciri khas pasar Imlek, suasanya itu yang membuat kita nyaman mengunjungi,” ujarnya. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here