Lanal Batam Amankan 6.960 Unit Ponsel

0
526
SELUNDUPAN: Danlanal Batam menunjukkan ponsel hasil tangkapan mereka kepada wartawan di Batam, Rabu (8/11). Diduga barang ini selundupan. f-martua/tanjungpinang pos

BATAM – Lantamal Batam mengamankan sekitar 6.960 unit ponsel merek Xiaomi. Barang selundupan itu diamankan saat dibawa kapal dari Singapura, Selasa (7/11) sore sebelum diamankan Lanal.

Namun hingga saat ini belum diketahui siapa pemilih ponsel-ponsel itu. Namun diduga, ponsel-ponsel itu akan diselundupkan ke daerah Provinsi Kepri. Menurut Danlantamal Batam Kolonel Laut (P) Ivong Wibowo, ribuan ponsel itu dikemas dalam 348 dus.

Setiap dus berisi 20 unit hape itu kini sudah diamankan di Kantor Lantamal. Dengan pengungkapan penyelundupan itu, kerugian negara diperkirakan sekitar Rp 7 miliar di luar pajak. ”Totalnya sekitar 6.960 unit. Kita belum tahu siapa pemiliknya,” ujar Ivong, Rabu (8/11).

Dibeberkannya, barang bukti ponsel selundupan itu diamankan di sekitar Pulau Labun, Kecamatan Belakang Padang. Barang-barang itu tidak ditemukan dalam kapal, namun dalam hutan. ”Diletakkan di dalam hutan. Tidak ada pemilik yang mengakui sampai sekarang,” jelasnya.

Barang-barang itu sudah menjadi target operasi Lantamal Batam. Bahkan barang itu juga disebutkan sudah diintai intel WFQR Batam sebelumnya. Namun siapa pemiliknya, nanti akan dikembangkan untuk mencari pemilik barang. ”Tapi kapal pembawa hape itu sudah ditemukan tim WFQR, kandas di perairan Labun Belakang Padang. Kapal itu dalam keadaan kosong,” sambungnya.

Awalnya pengungkapan kasus diawali kecurigaan Lantamal saat mendapati kapal yang kandas dalam keadaan kosong. Saat ditelusuri di Pulau Labun, ditemukan tumpukan kardus dalam hutan. ”Kita temukan ratusan dus yang sudah diturunkan. Setiap dus dilapisi plastik untuk menghindari basah dari hujan. Saat dibuka, isinya hape,” sambungnya.

Pihak pemilik ponsel akan mengambil barang-barang itu dan kapal kandas dan ini diduga hanya modus. ”Kapal dijadikan modus untuk mencuri perhatian saja dan barang dipindah ke tempat lain,” imbuhnya. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here