Lanal Batam Gagalkan Penyeludupan 500 Ekor Burung Kacer

0
581
burung kacer asal malaysia yang diamankan dari penyeludup pada Minggu (28/7).

BATAM – Sebanyak 500 ekor burung jenis kacer berhasil diamankan Tim Fleet One Quick Response (F1QR) Lanal Batam Minggu (28/7). Sayangnya pria yang menyelundupkan burung asal Malaysia itu kabur setelah mengandaskan speedboat yang ia nakhodai lalu lari ke dalam hutan di daerah Pulau Kasam, Telaga Punggur, Nongsa.

Selai mengamankan satwa jenis burung, aparat juga mengamankan satu unit speedboat tanpa nama bermesin 40 PK merk Yamaha. Speedboat ini dikandaskan nakhodanya di pantai saat ia menyadari ada aparat yang mengejar.

Baca Juga :  Potensi Anak Bangsa Harus Disisir

Lantas tim F1QR membawa speedboat yang mengangkut 500 ekor burung kacer itu ke Lanal Batam. Dalam press conference di hadapan awak media, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Batam, Kolonel Laut (P) Alan Dahlan S.H. M.si., mengatakan, Tim F1QR Lanal Batam, burung-burung tersebut dibawa pelaku dari Malaysia ke Batam menggunakan speedboat.

“Keberhasilan ini merupakan bukan pertama kalinya oleh tim F1QR Lanal Batam. Semua berkat informasi di lapangan yang diperoleh dan ditindak lanjuti melalui penyelidikan dan tim F1QR bergerak menuju sasaran dan melakukan upaya pengejaran dengan membagi sektor,” sebutnya.

Baca Juga :  Enam Polsek Siaga Satu

Operasi penangkapan penyelundupan satwa ini berawal pada Minggu, ada informasi yang masuk bahwa akan ada penyelundup yang menuju Batam membawa satwa jenis burung dari Malaysia.

“Awalnya diindikasikan membawa Narkoba, berdasarkan Informasi tersebut Tim F1QR begerak menuju karang galang untuk menghadang pelaku di Jalur yang akan di lewati,” sebutnya.

Pada Pukul 04.30 WIB, Tim F1QR Lanal Batam melihat dari arah Telaga Punggur ke Barelang ada speedboad fiber dengan kecepatan sekitar 25 knot,” terangnya.

Setelah ditangkap barang bukti berupa burung jenis kacer ini direncanakan akan diserahkan ke Kantor Karantina Batam untuk diproses lebih lanjut. (jek)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here