Lanal Dabo Panen Jagung Perdana

0
749
Panen JAGUNG: Danlanal Dabo Singkep Letkol Laut (P) Agus Yudho Kristianto (kiri) memetik jagung di kebun Lanal Dabo saat panen perdana, Rabu (18/10). F-ISTIMEWA

LINGGA – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Dabo Singkep, Kabupaten Lingga panen perdana hasil penanaman jagung di lahan ketahanan pangan Lanal Dabo, Rabu (18/10). Lahan yang luasnya 1,3 Hektare (Ha) itu, berapa di Komplek Mako Lanal Dabo.

Komandan Lanal Dabo Singkep Letkol Laut (P) Agus Yudho Kristianto M Tr Hanla mengatakan, panen jagung ini menjadi bukti sesuatu bila dikerjakan dengan serius dan sungguh-sungguh akan mendapatkan hasil yang maksimal.

”Tuhan menciptakan alam yang subur untuk kita kelola. Dengan semangat dan kesungguhan, akan mendapatkan hasil yang diinginkan. Buktikan bahwa kayu dan batu bisa jadi tanaman seperti lagunya Koes Plus,” kata Agus, dengan wajah semringah saat panen.

Baca Juga :  Dewan Dapil Lingga Tak Perjuangkan RTRW

Dikatakannya, lahan pertanian yang ditanam jaging ini sebelumnya adalah lahan kosong yang hanya ditumbuhi semak belukar. Kondisi tanah yang merupakan bekas areal pertambangan, menjadikan tanah tersebut sulit ditanami. Namun, berkat kegigihan anggota Lanal Dabo lahan gersang tersebut kini menghasilkan jagung.

”Sebelumnya, ini merupakan lahan kosong yang ditumbuhi semak belukar. Sebelum digarap oleh anggota Lanal, lahan ini pernah dikelola petani penggarap di sekitar Dabo. Namun, para petani menyerah, karena lahan tersebut tidak bisa ditanami karena merupakan tanah galian dan banyak batunya,” kata Agus.

Baca Juga :  Disnaker Akan Gelar Rapat UMK

Ia menambahkan, dengan panen yang diperoleh ini menjadi bukti bahwa potensi lahan di daerah ini dapat dimanfaatkan untuk bercocok tanam. Selain jagung, dilahan tersebut juga direncanakan akan ditanami sayuran.

”Tepat 70 hari yang lalu kami memulai melakukan penanam, dan sekarang susah panen dan dapat dinikmati,” imbuhnya. (tir)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here