Langganan Banjir, PU dan Warga Bersihkan Drainase

0
319
Pegawai PU Kota dan masyarakat gotong royong membersihkan drainase di Jalan Perintis Sei Jang, Minggu (21/7). f-andri/tanjungpinang pos
Warga yang tinggal Jalan Perintis, Kelurahan Sei Jang, bergotong royong membersihkan saluran drainase yang ada di kawasan itu, Minggu (21/7).

TANJUNGPINANG – Aksi bersih-bersih ini, tak lepas dari kerapnya banjir berkunjung jika hujan lebat turun juga melibatkan pegawai Dinas Pekerjaan Umum Kota Tanjungpinang.

Meskipun tercium bau busuk dihidung tidak membuat patah semangat pegawai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tanjungpinang bersama masyarakat membersihkan drainase tersebut.

Terlihat Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang (PUPR) Kota Tanjungpinang, Hendri ikut bergabung bersama masyarakat membersihkan drainase mulai dangkal. Lokasi tersebut, salah satu titik langganan banjir saat turun hujan.

Mereka turun ke dalam drainase untuk membersihkan saluran air menggunakan alat seadanya. Mereka tetap kompak dengan satu harapan agar kampungnya tidak lagi banjir saat turun hujan.

Rata-rata mereka yang menggunakan cangkul. Ada juga membersihkan sampah-sampah di dalam drainase. Kemudian lumpur drainase berwarna hitam langsung dinaikan ke atas drainase.

Ada yang mungut atau ambil sampah jenis botol sampai kantong plastik. Dua jenis sampah yang selalu berada di dalam saluran air, yakni kantong plastik dan botol.

Selain sampah, sedimentasi pasir dan batu sudah memenuhi drainase. Sehingga sulit untuk di bersihkan menggunakan alat goro seperti cangkul dan skop.

Selanjutnya, akan di gunakan alat berat mini excavator mini untuk mengeruk sedimentasi yang sudah menumpuk di parit.

Hendri mengajak masyarakat Kota Tanjungpinang untuk sama-sama menjaga kebersihan saluran air.

Artinya, tidak ada sampah apapun berada di dalam drainase. Agar air bisa mengalir disaluran tersebut.

Biar saluran air tetap bersih dari sampah, ia berpesan dan berharap kepada masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Agar lingkungan selalu bersih.

Sambung dia kalau lingkungan bersih, tidak banjir lagi. Kemudian penyakit seperti Deman Berdarah Dengue (DBD) juga akan aman, jadi jagalah kebersihan lingkungan.

”Drainase harus bersih. Jangan lagi masyarakat membuang sampah karena kebanyakan masyarakat buang sampah di drainase,” sebut dia kepada Tanjungpinang Pos setelah selesai goro bersama masyarakat setempat. (ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here